[Review] The Chronicles of Audy 4R by Orizuka

Senin, 16 Februari 2015



Judul : The Chronicles of Audy 4R
Penerbit : Haru
Penulis : Orizuka
Penyunting : Tia Widiana
Cover desainer dan ilustrator : Bambang 'Bambi' Gunawan
Proofreader : Yuli Yono
Terbit : Juli 2013
ISBN : 978-602-7742-21-5
Genre : Family, Komedi
Harga : Rp. 53.000

Sinopsis
 
Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,
sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
 
 Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku.
 Selangkah lagi!
 
 Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu.
 Jadi sekarang, di sinilah aku berada.
 Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya:
 Regan, Romeo, Rex dan Rafael.
 
 Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter,
 dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!
 
 Terdengar klise?
 Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
 Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet.
 Kronik dari seorang Audy.

YEA!!! Lagi-lagi Wishful Wednesday-ku terkabul ^.^ dan lagi-lagi tanteku yang beliin YEA! Arigatou tante ^^. 

Ini kisah tentang Audy Nagisa, seorang mahasiswi yang bisa dibilang kurang dalam pendidikan. Audy cukup kaget dengan nilainya yang memuaskan, dan dengan nilai itu Audy sudah bisa melangkah maju untuk menyusun skripsinya. Namun... nilai itu tidak membuat Audy dapat langsung menyusun skripsinya, mulai dari judul, tema, hingga.... biaya yang menghambat pembuatan skripsi tersebut.


Sebenarnya, Audy bisa dibilang cukup berada, sebelumnya. Namun, kehidupannya harus berubah karena orang tua nya ditipu oleh sebuah perusahaan yang menjanjikan keuntungan besar jika mereka ber-investasi. 


Tapi, saya cukup kagum dengan Audy, Audy gak langsung minta uang sama orang tuanya (meskipun sempat sedikit stress sih) Audy malah berusaha cari kerjaan. Dan takdir-lah yang membawa Audy bertemu 4R. 


Dengan berniat menjadi babysitter, Audy pun mendatangi sebuah rumah yang memasang lowongan pekerjaan tersebut di koran. Namun, apadaya? dengan iming-iming gaji 900rb dibayar di muka, Audy menandatangani kontrak yang diberikan Regan (Sang pemilik rumah, sekaligus orang yang memasang iklan) tanpa membaca dahulu semua pasal dan ayat yang tertulis di kontrak tersebut. 


Di dalam kontrak tersebut, Audy tidak hanya bertugas untuk mengurus Rafael, sang anak ajaib yang telah dewasa sebelum waktunya, namun Audy juga bertugas untuk mengurus rumah (baca : mencuci, mengepel, menyapu, memasak, dan semacamnya). Dan di sinilah Audy, di rumah 4R, mengurus kehidupan 4 cowok ganteng (Regan, Romeo, Rex, Rafael).


Regan, si R1 yaitu sang kakak tertua di keluarga itu, dia itu lagi kerja. Saat Audy pertama kali bertemu dengan Regan, ia menganggap bahwa Regan adalah titisan dari Keanu Reeves. Regan ini berumur sekitar 25-27 tahun, ia bekerja di  law firm. Menurut sudut pandang seorang Audy, Regan ini adalah seorang yang pekerja keras,  ganteng, berhidung mancung, memiliki lesung pipi, ah pokoknya Regan itu berhasil membuat Audy bermimpi menjadi 'Nyonya Regan'


Romeo, si R2 yaitu anak tertua kedua di keluarga tersebut, dia udah lulus kuliah. Romeo ini bisa dibilang pemalas dan jorok. Malas mandi, takut air, kehidupannya gak jauh jauh dari Megan Fox, game, game, dan game. Dia ini seorang Gamer, hacker,cracker. Dan mungkin Romeo ini punya andil besar dalam membua Rafael dewasa sebelum waktunya ._. Romeo ini sebenarnya orangnya asyik, bisa dibilang dia yang paling ramah di keluarga ini. Emang sih ya, si Romeo ini cuma di rumah aja, tapi jangan pikir kalau Romeo itu buruk! Kalau kalian mau tahu, Romeo-lah yang membayar uang listrik dan internet di rumah itu. Loh? kok? uang dari mana? Tanyakanlah pada Romeo~


Rex, si R3 yaitu anak ketiga di keluarga ini, dia itu masih SMA. Si dingin yang kerjanya cuma belajar, belajar, dan belajar. Rex ini juga jago masak >,< dia juga tahu tentang gizi, coba aja tanya apa gizi dari brokoli dan sayur lainnya, dia pasti tahu. Rex ini punya penyakit asma, kamarnya itu bersih tak berdebu (berbanding terbalik dengan kamar Romeo yang seperti kapal pecah), Rex ini juga sering olahraga pagi, dia itu khasnya bau peppermint <3 . 


Rafael, si R4 yang paling kecil nih di keluarga 4R, umurnya baru 4.5 tahun, tapi kalau dilihat dari sikapnya, sepertinya kita harus berpikir ulang dengan umurnya. Si Rafael ini dewasa sebelum waktunya, mungkin faktor lingkungan ya? sebenarnya Rafel ini butuh perhatian lebih dari kakak-kakaknya. 


Di novel ini sendiri, menggunakan sudut pandang Audy, lucu juga sih kisah si 4R1A ini, saya juga sering ngakak pas baca ini :D , sempat netesin air mata juga sih~ saya di sini #TeamRafael \^.^/ 


Ini kisah tentang kronik kehidupan seorang Audy, tentang Audy dan skripsinya, tentang Audy yang jatuh hati pada Regan, tentang Audy yang pusing dengan sikap Rafael, tentang Audy yang harus terbiasa dengan tingka 4R. Dan tentang Audy yang harus sakit hati karena mengetahui fakta tentang Regan.



‘Harusnya aku tidak pernah berharap.’ – Audy halaman 210

Ini juga tentang 4R, tentang mereka yang harus terbiasa hidup tampa orang tua, dan tentang mereka yang sudah mulai nyaman dengan keberadaan Audy.


Dan, selamat datang di kronik kehidupan seorang Audy Nagisa~
‘Tidak ada yang bilang kalau hidup itu mudah’ – Audy halaman103
Covernya juga kiyut (cute) >,< menggambarkan seorang Audy yang membuka kotak surat milik 4R ^.^
JRENG JRENG INI LAH PENAMPAKAN AUDY4R

Hihi tungguin ya Review Audy21! ^.^ kalau ada yang nanya kenapa di atas Audy4R malah ada pembatas Audy21, maka saya akan jawab kalau saya juga gak tahu >,< pas buku segel memang udah gitu. Jadi, saya punya sepasang pembatas Audy21 ^.^ Audy dan Rex!

Review ini diikutkan dalam Tantangan Membaca Haru ^^ Makasih udah mau baca! ditunggu komennya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS