Review 'Sunshine Becomes You' A Novel by Ilana Tan

Selasa, 10 Februari 2015




Judul : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 432 Halaman

Sinopsis :

“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kau percayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.” 
Ini adalah salah satu kisah yang terjadi di bawah langit kota New York…Ini kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan…Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup. 
Awalnya Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu—malaikat kegelapannya yang sudah membuatnya cacat.Kemudian Mia Clark tertawa dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia dulu bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya. 
Awalnya mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.Kemudian Alex Hirano tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.
Ini adalah novel kelima Ilana Tan sang penulis misterius yang saya baca. Sebelumnya, saya telah membaca  Tetralongi empat musim karya beliau. Ilana Tan, pastinya kita semua sudah tak asing dengan nama itu, ia adalah salah satu penulis misterius yang karya-nya sudah dikenal oleh Khalayak banyak. Karyanya juga bersejarah bagi saya, sebab novel pertama yang saya baca adalah karya beliau, yaitu 'Summer in Seoul'.

Untuk karyanya kali Ini, kita akan dibawa menjelajahi New York, juga berkenalan dan mengikuti kisah Alex, dan Mia.

Kisah tentang Alex, seorang pianis yang bertemu dengan malaikat kegelapannya saat diajak oleh sang adik bertemu dengan gadis yang ia sukai. Siapa sangka, sang gadis yang dimaksud adiknya tiba-tiba jatuh dari tangga dan menimpa Alex, sialnya lagi karena kejadian itu, tangan Alex terkilir sebelah sehingga menyebabkan konser Alex yang telah disiapkan jauh-jauh hari terpaksa DITUNDA. Ya, itu karena sang malaikat kegelapan a.k.a Mia.

Kisah tentang Mia, seorang gadis yang sangat pandai menari dan dapat membuat banyak pria jatuh hati padanya, mulai dari Ray, Bily, Rick, Aaron, dan bahkan seorang yang tak disangka dapat menaruh hati padanya. 

Awalnya, saya sempat mengurungkan membaca novel ini sampai selesai. Kenapa? itu karena kisahnya agak berbelit-belit. Tapi, setelah saya berhenti beberapa hari, saya lalu melanjutkan membaca novel ini lagi, kan tanggung soalnya saya juga sedikit penasaran -,-

Novel ini berkisah tentang Ray yang ingin mengenalkan gadis yang disukainya kepada sang kakak (Alex). Namun, saat Ray dan Alex telah sampai di tempat mereka akan bertemu gadis tersebut, seseorang malah jatuh dari tangga dan menimpa Alex. Orang itu adalah Mia Clark, yang tak lain adalah gadis yang disukai oleh Ray. Akibat kejadian tersebut, Alex harus menerima nasib bahwa tangannya terkilir dan konsernya yang akan diadakan minggu depan harus ditunda. Mia yang merasa bersalah lalu mengajukan diri membantu Alex selama tangan Alex tidak bisa digerakkan.

Berawal dari itu, lalu setiap pagi Mia akan datang ke apartemen Alex untuk membersihkan, memasak, ataupun membuatkan kopi untuk Alex. Kegiatan tersebut berlangsung terus-menerus, seperti siklus kehidupan.

Pernah dengar kalau orang yang telah kenal lama dengan kita akan kalau dengan orang yang selalu dekat dengan kita? Itulah yang terjadi antara Mia, Alex, dan Ray. Ray memang sudah lama mengenal Mia, bahkan ia menaruh hati pada Mia, namun Mia tak merasakan hal yang sama pada Ray, Mia hanya menganggap Ray sebagai teman, tak lebih.

Bagaimana dengan Alex? Alex yang dekat dengan Mia karena hampir setiap hari bertemu dengan Mia juga mulai merasakan sesuatu yang berbeda, perasaan aneh saat melihat Mia tersenyum, perasaan aneh saat Mia tak berada di sisinya, perasaan aneh saat melihat Mia dekat dengan pria lain, hingga Alex sadar, jika dirinya juga mulai menyukai Mia.

Bagaimana dengan Mia? gadis yang dikelilingi oleh beberapa pria ini bersikap sama pada semua orang, termasuk pada pria-pria yang mengejarnya. Apa alasan dia bersikap seperti itu? ada satu alasan mungkin yang mendasari sikap itu. Penyakitnya.

Ya, novel ini juga mengisahkan tentang kakak-beradik yang menyukai gadis yang sama.

Kita bisa karena terbiasa. Cinta datang karena terbiasa.

Lalu bagaimana dengan Mia? apakah dia juga menyukai Alex?
Lalu bagaimana dengan Alex? apa reaksi Alex saat tahu kalau Mia memiliki sebuah penyakit?

Yaa itu adalah sepenggal cerita tentang novel ini, novel ini menguras air mata! Saya sendiri paling suka saat bagian Alex mendongengkan sebuah cerita untuk Mia, secara tidak langsung Alex juga mengungkapkan perasaannya pada Mia saat mendongengkan kisah itu >,< ! saya cuma bisa senyum senyum sendiri, mungkin saat baca bagian itu muka saya merah merona*Serasa jadi Mia. Kyaaa pokoknya Alex romantis deh, kak Ilana Tan, minta satu yang seperti Alex boleh gak? >,<

Eh, novel ini juga mau difilm kan dengan judul yang sama!


Syutingnya full di New York, sampai sekarang belum diketahui siapa yang akan memerankan tokoh-tokoh dalam film tersebut. Saya penasaran >,< takut kecewa sama yang akan meranin Alex dan Mia-nya, takut gak cocok sama karakternya. Mungkinkah kak Ilana Tan akan turun tangan dalam syuting film ini? kita lihat saja nanti. Film ini akan mulai syuting pada bulan July, dan akan tayang akhir tahun ini. Pokoknya wajib nonton >,<



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS