[Blogtour] Crystal Stairs by Amaliah Black

Kamis, 24 Desember 2015


Halo. Jumpa lagi bersama saya di blogtour ini. Nggak bosan, kan? Kali ini, saya datang dengan Blogtour salah satu novel PS3 terbitan Grasindo, Crystal Stairs karya Amaliah Black. Maaf ya kalau postingnya malam >,< baru ada waktu hoho.

Jadi, siapa yang penasaran dengan buku ini? Bagi yang penasaran, bisa coba ikutan Giveaway dalam rangka Blogtour Crystal Stairs ^^. Peraturannya nggak susah kok, mirip-mirip sama Blogtour yang sering diadakan di blog ini.


Syarat & Ketentuan :
  1. Peserta berdomisili di Indonesia.
  2. Peserta meninggalkan komentar di Review Crystal Stairs.
  3. Peserta adalah followers dari @ItsAmaliahBlack@grasindo_id@Lovaren_ di twitter.
  4. Peserta sudah memfollow blog ini via GFC atau email.
  5. Menyebarkan info blogtour & giveaway ini via Twitter dengan mention @Lovaren_
  6. Menjawab pertanyaan di kolom komentar dengan menuliskan Nama, Email, Kota Domisili, dan akun twitter. 
Pertanyaan :
"Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

Giveaway ini diadakan pada 24 Desember 2015 hingga akhir tahun, yaitu 31 Desember 2015. Akan dipilih satu orang pemenang yang akan saya umumkan  tahun depannya alias Minggu, 03 Desember 2o16 via blog dan saya akan memention lewat twitter, tak lupa mengiriminya email.


*UPDATE*

Terimakasih buat yang sudah ikutan. Selamat buat   @Miieruu  yang menjadi pemenang di Blogtour Crystal Stairs ^^ ditunggu data dirinya, paket segera dikirim ya :)

33 komentar:


  1. Nama : Aulia Resky
    Email : rezaahmad524@gmail.com
    Domisili : Cirebon
    Twitter : @AuliaaRez

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Biasanya lebih berserah diri kepada Allah SWT. Mengambil air wudhu dan langsung menunaikan ibadah shalat. Membaca Al-Quran dan bercerita ke mamah. Menurutku itu obat yang paling ampuh kalau mengatasi depresi atau pusing akan suatu hal seperti masalah. Tapi terkadang menangis juga bisa membuat perasaan menjadi lega. Ada beberapa tips mengenai cara mengatasi pusing atau depresi karena sesuatu seperti masalah 😊

    1) Berserah diri kepada Tuhan. Percaya semua yang terjadi pasti ada hikmahnya dan tak lupa berdoa.
    2) Membaca kitab suci juga ampuh untuk mengatasi depresi. Membuat hati lebih tentram.
    3) Menjadi lebih terbuka, tidak menyimpan masalah atau sesuatu sendiri karena dapat menjadi beban. Berceritalah kepada orang yang paling di percaya.
    4) Mendengarkan musik juga dapat mengurangi setres.
    5) Menangis jika di perlukan.
    6) Menekuni hobby yang kita sukai seperti membaca novel, menulis dan lain-lain.
    7) Mencari udara segar atau refreshing.
    8) Hang out bersama teman atau keluarga intinya sih refreshing juga.
    9) Makan atau minum sesuatu yang manis atau hangat. Biasanya memakan atau meminum yang manis-manis dapat mengurangi setres.
    10) Tips terakhir agak sedikit absurd tapi biasanya sih ampuh, melihat cewek/cowok yang keren, kece, tampan atau cantik. Ini di namakan cuci mata:3

    BalasHapus
  2. Ten | regulus_noel@yahoo.com | Yogyakarta | @ten_alten

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    -->> yang aku lakukan ketika pusing/depresi/tertekan atau menghindari itu (biasanya tanda-tandanya muncul)itu biasanya aku baca Quran atau dengerin murrotal..

    karena aku bukan orang yang gampang nangis, biasanya nggak menutup kemungkinan juga aku milih dengerin lagu (pake mini-soundsyst) dan karaokean di kamar, beli cemilan yang banyak, banyakin makan.. baca novel/manga favorit, coret-coret apapun itu (entah nulis atau menggambar), atau jalan-jalan sembarang kemana langkah kaki membawaku pergi, hehe

    kadang aku juga lebih milih jogging ngelewatin sawah atau jogging sampai pasar buat cari jajan (kalo di rumah), nyari jambu biji di kebon (kalau pas musinmya), atau tidur.. :D

    random yak? hehe, itu ampuh buatku..
    bisa dicoba, tapi belum tentu ampuh buat orang lain.. masing-masing punya cara yang beda bahkan uniknya masing-masing.. ^^/

    BalasHapus
  3. Nama: Kiki Suarni
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Domisili: Batubara- Sumut
    Twitter: @Kimol12

    Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?

    Jawaban:

    Pastinya yang pertama curhat ke Allah SWT, minta petunjuk dan bantuan menyelesaikan masalah itu.

    Tips ala ane:

    Cari kegiatan yang kita suka, misal melakukan hobi kita. Dengerin musik yang memberikan semangat jangan yang melow. Baca buku favorit atau hunting ke tobuk. Pergi ke suatu tempat untuk mengalihkan pikiran sejenak, biasanya pantai selalu jadi pilihan utamaku karena kalo uda sampe di pantai, kena angin dan mandang lautan, rasanya tenang banget, beban pikiran lenyap. Selain curhat ke Allah, ada baiknya kita juga curhat ke sahabat atau seseorang yang kita percaya, untuk mendapatkan pandangan dan solusi lain atas masalah kita. Yang terakhir dan paling penting adalah ikhlas.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Nama: Shen Meileng
    Email: smeileng18@gmail.com
    Domisili: Balikpapan - Kaltim
    Akun Twitter: @OhGirlDay

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Biasanya aku mencari hiburan (dengan nonton MV idola atau nonton variety show). Kalau itu tidak mempan, aku bercerita kepada temanku dan menanyakan bagaimana jika dia berada di posisiku serta apa yang akan dilakukannya. Tapi kalau bercerita sama teman itu sih aku benar-benar sudah sangat depresi karena tidak bisa menyelesaikannya sendiri.

    Tips untuk mengatasinya bagiku sih, berusaha menyelesaikannya sendiri dengan menghibur diri sendiri, misalnya dengan hal-hal yang kita senangi. Dan jangan terlalu bergantung pada orang lain (cerita masalahmu dengan orang lain) karena itu masalahmu dan seharusnya kamu sendiri yang tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Dan mungkin ... kamu bercerita pada sang penciptamu (dengan cara ibadah yang kamu yakini) agar semuanya bisa menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
  5. Nama : Ismayanti firdani
    Email : isma190896@gmail.com
    Domisili : Makassar - Sulsel
    Twitter : @ismaa1903

    Saat sedang pusing atau depresi itu aku biasanya ambil air wudhu trus shalat. Setelah itu biasanya pikiran jadi agak tenang, sehingga bisa dibawa berpikir jernih, apa saja solusi yang tepat untuk masalah yang kita hadapi itu. Dikarenakan saya sendiri ini orangnya tertutup, makanya saya jarang cerita sama orang lain tentang masalah-masalah saya. Maka dari itulah saya merasa lebih baik cerita sama sang pencipta. Kemudian, sahabat. Mereka bisa jadi tempat terbaik buat ngelupain sejenak kepusingan kita. Sahabat-sahabat saya sendiri merupakan sahabat ter-somplak didunia yang bisa menghibur saya. Hehe... Dan kadang juga kalau saya gak kuat lagi sama kedepresian saya, terkadang saya cerita kok, tapi hanya sekedar cari solusi. Gak sampe curhat yang gimana banget gitu. Itu aja sih...

    Tips menghindari depresi ; yang pertama banget, stop Overthinking. Kalo saya sendiri biasanya cenderung berpikiran simple, kalo ada masalah ya dibawa enjoy aja nyelesainnya. Itu bukan berarti saya gak stress loh ya, stress pasti, tapi cobalah untuk mensugestikan pikiran kita buat tetap santai. Kalo pikiran santai kan, pasti bisa berpikir jernih. Ya kan??
    Kemudian, yang paling penting itu selalu berdoa. Sebagai umat beragama, berdoa itu seperti jalan kita mencari solusi. Ya gak?. Minta petunjuk, minta ketenangan hati, kejernihan pikiran. Gitu.

    And semoga saya beruntung deh menjadi yang terpilih mendapatkan novel Crystal Stairs. Amin :). Hehe...

    BalasHapus
  6. Nama: Riqza Nur Aini
    Akun Twitter: @riqzanainiee
    Domisli: Demak,Jateng
    Email: moha3451(at)gmail(dot)com
    Link Share: https://twitter.com/riqzanainiee/status/680195402356752384?p=v
    .
    .
    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"
    .
    .
    Aku termasuk orang yg bisa dikatakan 'liar' kalau lagi depresi atau juga frustasi.Bawaannya pengen marah2 mulu.Biasanya aku nangis dulu kalau udah benar-benar frustasi akan sesuatu.Abis nangis biasanya dengerin lagu rock atau nggak dangdut.Ini peringatan keras HINDARI DENGERIN LAGU GALAU atau musik yg melow saat kamu lagi depresi!Kamu enggak bakal bisa rileks malah tambah kalut sama masalah kamu kalau kamu dengerin lagu galau.Kalau aku lagi depresi,biasanya aku dengerin lagu rock atau nggak dangdut.Beneran deh!Aku bisa rileks kalau dengerin lagu rock/dangdut.Lagu rock favoritku sih lagunya METALLICA!Wihh sangar bro lagunya!Kalau dangdut skrng sukanya SAMBALADO!Sambil nyanyi rok sambil loncat2 dikasur juga,aku keluarin semua emosi didiriku lewat lagu rock itu.Oh ya,kalau lagi depresi juga..coba deh jalan-jalan pas sore hari sendirian,menikmati senja yang mulai muncul lalu melihat sunset.Aku jamin,fikiran kamu bakal lebih tenang setelah itu.Baca novel juga bisa sedikit mengurangi depresi.Kamu suka coffe tidak???Asyik banget kalau kamu baca novel sambil menghirup aroma coffe kesukaanmu,kalau enggak coffe ya teh^Aku biasanya gitu,duduk di halaman belakang rumah sendirian,sambil baca novel,dan ditemani segelas coffe sama bintang2 dilangit juga!Abis itu rasa depresi aku bakal hilang,dan semangat baru mulai muncul!
    Untuk depresi kalau nggak bisa ngendaliin emosi akibatnya bisa fatal loh,bahkan sampai bunuh diri..Sekedar sharing,ini tips aku agar kalian terhindar dari depresi:
    1.Jangan pernah merasa sendiri.Aa keluarga kalian,teman-teman kalian,dan orang2 disekitar kalian yang sayang sama kamu.Jadi jgn pernah merasa sendirian.
    2.Sharing dengan sahabat.Apapun masalahmu..cobalah untuk tidak malu curhat sama sahabatmu/org2 terdekatmu.Kamu bisa meminta nasehat,motivasi,dan semangat dari mereka ya kan??Jadi jangan malu untuk sharing masalah kita ke mereka
    3.Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.Jangan pernah berputus asa dan menganggap usahamu untuk menyelesaikan suatu masalah itu sia-sia.Lagi-lagi peran org2 terdekatmu dibutukan untuk menguatkan dirimu.
    4.Dengerin musik rock dan dangdut,menikmati senja,menghirup aroma coffe,menikmati taburan bintang dilangit malam,dan baca novel setidaknya buatku itu bisa menenangkan fikiran.
    5.Jangan lupa,kamu masih punya Dia yang selalu menjagamu.Berdo'alah kepada-Nya minta diberi kekuatan dan ketabahan hati untuk mengahadapi cobaan yang diberikan-Nya kepadamu.
    Oke?Wish me Luck!:)

    BalasHapus
  7. Nama : Dhea Ameliana Asifa
    E-Mail : Chojiin77@gmail.com
    Domisili : Lhokseumawe, Aceh
    Twitter : @jokyublacky

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"
    .
    Yang pertama dan yang paling utama pastinya ngadu ke Tuhan Yang Maha Esa. Pasti.

    Kemudian, keluarkanlah uneg-uneg yang mengganjal di hati kepada orang yang kita percayai. Ga perlu banyak. Satu pun cukup, asal hati kita lega dan engga menanggung beban sendiri.

    Dan kalau tips?

    Ada bagusnya kita menangkan diri sejenak di tempat terbuka yang tenang, terang, dan kalau bisa udaranya juga bersih.
    Berdiam diri di tempat yang tenang itu asik loh. Kita bisa berfikir kembali apa kesalahan kita dan introspeksi diri. Semua masalah ada karena ada kesalahan. Dan sudah tugas kita untuk mencari tahu dimana letak kesalahan itu.

    Kalau aku pribadi sih, sering berdiam diri seperti itu. Ga nanggung, di atas pohon! Haha, iya, manjat. Udaranya seger, tempatnya nyaman, tenang, damai dan bisa melihat kebawah walau engga terlalu tinggi. Asik loh, liatin genteng tetangga sambil merenungi kesalahan.

    Yah~ Cuma itu sedikit tips dari aku. Semoga membantu teman-teman yang sedang terkena masalah. Ingat, semua orang punya masalah, tapi tiap pribadi punya cara masing-masing untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    Terima kasih!

    BalasHapus
  8. Nama: Maggie
    Email: maggiechenblogs@gmail.com
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @Miieruu

    Aku adalah orang golongan darah O. Hahaha~ Kalau suka baca buku komik Simple Thinking About Blood Type nya Park Dong Sun pasti mengerti bagaimana tingkahku, kan? Aku orang dengan sikap meledak-ledak dan tidak bisa diam.

    Sehingga, ketika aku sedang stress akan sesuatu, hal pertama yang akan aku lakukan adalah nongkrong di cafe/restoran bareng teman-temanku, lalu menumpahkan seluruh kekesalanku di sana. Pokoknya ngomel sampai benar-benar selesai menceritakan semuanya, baru aku akan lega. Lalu aku akan makan banyak-banyak. hahaha... (efeknya jadi gendut sih.-_- tapi ampuh, stress hilang.)

    Saranku sih, lakukan seperti yang kulakukan. Cari teman-teman yang dapat kamu percaya, dan ceritakan semuanya kepada mereka. Tumpahkan seluruh kekesalanmu dan minta pendapat mereka. ini efektif loh. Tapi kamu harus cerita ke orang terdekatmu saja ya, pintar-pintar menyeleksi orang. hehe.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Nama : tanya fransisca
    Domisili : tangerang
    Twitter : TanyaFcsh_
    Email : tanya28fransisca@gmail.com

    Hilangin stress???
    Hmmm gue punya 1 cara
    Naik angkot
    Gini nih! Pilih angkot yang bagusan
    Yg kacanya gede
    Nah duduk deh dipojok
    Trus buka kacanya gede2
    Behhh pas angkotnya jalan
    Anginnyakan gede tuh
    Nikmatin ajaa
    Lepasin semua beban
    Terbangkan semua beban bersama
    angin yang berhembus
    Cukup naik angkot ampe mana trus
    balik lagi
    Ampe rumah pasti cape
    Trus ngantuk efek kena angin
    Jadinya langsung bobo deh
    Bangun tidur jadi fresh lagi
    Unik dan
    Murah meriahkan???
    Dijamin stress ilang
    #PengalamanPribadi ;)

    BalasHapus
  11. Nama : Rinita
    Email : rinivir90@gmail.com
    Kota Domisili : Nganjuk
    Akun twitter : @Rinita_1976

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Ada banyak cara untuk mengatasi pusing atau depresi, yang paling utama adalah dengan mendekatkan diri kepada Alloh, yaitu:
    1. Mengerjakan Sholat. Sebelum menjalankan sholat kita perlu berwudhu (selain wudhu sebagai syarat sah sholat, air wudhu yang segar dan sejuk bila di usapkan ke kepala dapat menetralisir rasa pusing di kepala, dan bisa mendinginkan/ meredakan emosional ketika derajatnya sedang naik/tinggi).
    2. Membaca Al Quran, agar hari kita menjadi lebih tenang/ayem tentrem. Selain itu, membaca Al Quran dengan khusyuk bisa mengurangi beban pikiran yang ada di kepala, sebab kosentrasi kita saat itu hanya tertuju pada Quran yang sedang dibaca.
    3. Minum Air putih. Kenapa harus air putih? Karena air masih bersifat netral, belum terkontaminasi zat-zat lain. sehingga dapat menetralkan rangsangan otak yang terlalu berat sampai menyebabkan tingkat kedepresian/sakit kepala yang tidak normal. Percaya atau tidak? Harus percaya dong! Hehe...
    4. Melakukan kegiatan lain yang bisa mengalihkan kerja otak yang (Berat) pada kegiatan yang lebih rilex/santai (Ringan). Seperti membaca buku, shopping, makan, nonton televisis, dan mendengarkan musik (disarankan menggunakan musik bertempo sedang saja, jangan rock yah..)
    5. Tidur. Dengan tidur otomatis, selain tubuh yang istirahat otak pun juga ikut istirahat, dan tak perlu berpikiran terlalu keras lagi kalo dalam keadaan tidur. Sehingga setelah bangun nanti pikiran jadi lebih fresh..
    6. Berhubungan dengan Medis dan dokter. So, kalau lagi pusing ya minum obat saja...misalnya parsetamol penurun demam..(lhaa kok parasetamol?) Yah, parasetamol ialah obat berdosis rendah yang bisa mengatasi sakit kepala juga kok, (tapi ingat! jangan terlalu over, bahaya! Cukup minum sekali langsung sembuh...sudah!)...
    semoga bisa membantu kalian yang mengalami pusingdan depresi yah..... #OhayoGozaimasu

    link share : https://mobile.twitter.com/Rinitaa_1976/status/680531512727502848?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7343654205

    BalasHapus
  12. nama : wening purbawati
    twitter : @dabelyuphi
    domisili : ambarawa
    email : dabelyu_phi@yahoo.com

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    1. jauhin internet, matikan semua gadget agar sedkit lebih tenang dari gangguan media sosial yang sekarang lebih banyak buruknya.
    2. banyak makan makanan yang manis, seperti es krim atau coklat.
    3. membaca ulang tumpukan buku yang ada di perpustakaan miniku.
    4. lebih banyak berinteraksi dengan keluarga atau sahabat secara langsung, jangan lewat gadget. karena kita justru tergoda untuk melakukan hal yang lain yang justru terkadang membuat kita kembali depresi.
    5. kembali kepada alam. misal berlibur ke pantai yang masih jarang dikunjungi atau mendaki gunung agar pikiran kita kembali segar.

    BalasHapus
  13. Nama : Sari Rizki
    Domisili : Banda Aceh
    Twitter : ryeroro
    Email : pappermint94@gmail.com

    Sejujurnya sejauh ini aku belum pernah mengalami depresi berat. tapi kalau hal yang hampir mendekati depresi sih pernah.

    seperti remaja labil kebanyakan yang sedang mengalami masalah, kadang-kadang aku berpikir.. aku ini bodoh, payah, tidak berguna, bahkan merasa tidak pernah diinginkan dalam keluarga.

    di saat-saat seperti itu aku hanya akan menangis. terus menangis sampai sesak, sampai rasanya tidak sanggup untuk menangis lagi.

    memang dasarnya aku ini cengeng. tapi serius, tidak ada hal lain yang lebih baik dari pada menangis, karena setelahnya aku akan merasa begitu lega.

    kemudian aku akan menghibur diri dengan segala hal. segala moodbooster-ku. seperti memutar playlist favorit, menghabiskan semua cemilan (nah yang ini bikin sengsara nantinya, karna meguras isi dompet dan yang lebih mengerikan, berat badan langsung tidak terkendali.. tapi tidak membuatku cukup kapok)
    begitulah menghibur diri versi aku..

    BalasHapus
  14. Nama : Annisa Hidayatuz Zahra
    Email : annisaz376@gmail.com
    Kota Domisili : Tangerang
    Akun Twitter : @annisaz18_
    Jawaban :
    Biasanya kalau lagi depresi atau banyak masalah aku suka baca novel. Kalau novelnya nggak ada ngajak temen ke gramedia dan nyari novel sebanyak-banyaknya.
    - Makan cokelat. Cokelat itu kan bisa membuat hati senang.
    - Ajak sahabat buat ke Mall dan ujung-ujungnya cuma ke gramedia baca buku sampe sore. (Biasanya ke sono dari jam 13.00 - 16.00)
    - Baca quote-quote yang bisa bikin tambah semangat.
    - Buka Wattpad buat baca cerita-cerita humor atau genre lainnya.
    - Kadang ngadepin Microsoft Word buat nulis cerita meskipun kalau lagi depresi atau banyak masalah suka dipaksain biar otaknya jalan buat bikin alurnya. Ya meskipun ada yang alurnya aku bikin dari masalah yang aku hadapin.
    - Ngederin musik. Tapi, diusahakan jangan musik mellow nanti malah tambah depresi.
    - Buka channel youtube dan nontonin MV band atau penyanyi luar negeri. Dan berakhir dengan kuota menipis:(
    - Buka ask.fm dan nyepam temen berpuluh-puluh ask. Eh malah diginiin sama temen 'Eh, nis, spam ask lagi dong. Kurang nih' seketika nggak jadi depresi malah keselHAHA.
    - Godain temen yang lagi kesel karena pacarnya (sok) sibuk.
    - Chat-an sama gebetan. Dah aku mah apa atuh gebetan aja diembat temen.
    - Nge-stalk instagram temen sampe ke like banyak banget,- emang jempol gue gede banget apa?
    - Nonton televisi.
    - Beli kaset sebanyak-banyak lalu nontonin satu per satu filmnya sampe ketiduran dan diomelin abang karena nyetel volumenya gede tapi orangnya tidur.
    - Ke Alfamart buat beli ice cream dan cemilan.
    - Download lagu yang jadi soundtrack film yang abis ditonton. Berakhir dengan kuota yang juga menipis:( huaa.
    - Buka Twitter dan nyepam tweet pake akun khusus dan diprivate. Untung Twitternya nggak ada yang follow:p kalau banyak nanti dimarahin.
    - Selfie-selfie.
    - Nyari blogtour:v
    Nah, itu dia yang aku lakuin saat sedang mengalami depresi atau ada masalah.

    BalasHapus
  15. Nama: ridzki putri
    Email:Kikilenny39@gmail.com
    Kota Domisili:Jakarta timur
    akun twitter: kikikiki_R

    Jawabannya: kalau aku lagi pusing atau depresi karena suatu hal aku bakal ngeceritain sama orang terdekatku yaitu kedua orang tuaku karena dgn ceritain hal yang bikin pusing, aku dikasih solusi buat menghadapinya dan terkadang aku diberi semangat untuk gak nyerah gitu aja. Selain itu dgn bercerita ke orang lain maka akan mengurangi rasa pusing atau depresi itu sendiri karena kita juga bakal butuh saran atau semangat dari orang lain yg bisa membantu permasalahan kita. Terus setelah aku ceritain ke ortu, biasanya aku makan, gak usah banyak2 yg penting perut keisi makanan. Setelah perut kenyang langsung deh mandi. Di kamar mandi biasanya aku ngadain konser mini, melepaskan depresi itu sendiri. Gak peduli dengan nada dan suaraku yg sumbang hehehe. Yang penting bisa ngelepasn semuanya, sama bikin badan seger kembali. Cerita udah, makan udah, mandi udah, terus abis itu tidur. Setelah semuanya dilakukan, aku langsung tidur, berkelana ke alam mimpi karena pusing/depresi biasanya aku udah gak bisa utk fokus sama pekerjaan, makanya aku tidur. Biarnya besok gak keganggu lagi sama pusing dan depresi yg menyerang.
    Itu jawabanku. Terima kasih.

    BalasHapus
  16. Nama : Sofhy Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28[at]gmail[dot]com
    Domisili : Makassar
    Twitter : @Sofhy_Haisyah

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Ada beberapa hal yang biasa aku lakukan di kala sedang pusing sampai stress (blom pernah sampai tahap depresi ^^) memikirkan sesuatu, antara lain nih :
    - Biasanya curhat di pangkuan Ibu, sambil ngeluarin keluh kesah pasti beliau membelai lembut rambut atau memelukku. Hal ini biasanya memberikan ketenangan tersendiri bagiku.
    - Berwudu, kunci pintu, shalat dua rakaat, trus ngeluarin keluh kesah yang aku rasakan kepada Tuhan. Biasanya, aku bakal nangis melebihi saat curhat ke Ibu.
    - Duduk di jendela kamarku, sambil mengamati orang yang lalu lalang di luar. Hal ini biasanya aku lakukan sambil intropeksi diri dan berpikir bahwa diluar sana masih ada orang lain yang menghadapi masalah lebih berat dibandingkanku.
    - Baca buku motivasi peninggalan kakekku. Karena disitu banyak banget quotes penyemangat didalamnya yang bisa bikin aku sadar harus bangkit dan tak usah terpuruk dalam stress yang aku alami.
    - Terakhir, melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya : beli makanan yang aku suka, menonton anime atau film, baca buku, atau tidur ! ^^

    BalasHapus
  17. Nama : Nurhidayanti
    Email : yantinurhida99@gmail.com
    Kota Domisili : Martapura, Kal-Sel
    akun twitter : @CallMe_Yanti
    Jawaban :
    Saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal biasanya yang aku lakukan:
    1. Merenung. Merenung itu nggak sama kayak melamun. Tapi berpikir tentang masalah yang kita hadapi dan bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut;
    2. Mendengarkan lagu yang disukai. Musik itu punya pengaruh yang besar buat ketentraman hati. Mendengarkan music bisa sedikit meringankan beban pikiran. Kalau aku sukanya kalau lagi sedih mendengarkan music yang nadanya up beat atau ceria, jangan malah milih lagu mellow dan sedih nanti malah tambah depresi.
    3. Mengambil air wudhu. Air wudhu dipercaya bisa membawa ketentraman hati dan jiwa.
    4. Banyak-banyak baca istighfar. Biasanya cobaan atau masalah datang disebabkan karena Tuhan mau ngasih peringatan ke kita karena dosa-dosa yang kita perbuat atau karena Tuhan sangat menyayangi kita makanya dia memberi cobaan itu ke kita;
    5. Mencurahkan segala perasaan. Kalau aku biasanya curhat kepada Tuhan sehabis sholat minta agar semua masalah kita cepet selesai.
    6. Menuliskannya. Kita juga bisa curhat ke buku diary atau blog, biasanya kalau sudah curhat perasaan jadi lebih plong.
    7. Meyakini bahwa Allah Swt tidak pernah memberikan cobaan diluar kemampuan manusia untuk mengatasinya. Kita bisa kok, menyelesaikan semuanya. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Tuhan YME, karena Tuhan paling benci dengan orang yang mudah berputus asa.
    8. Selalu berpikiran positif dan jangan pesimis. Berpikiran positif disini artinya kita harus memandang bahwa semua permasalahan yang kita hadapi pasti ada hikmahnya dibalik semua itu. Dan jangan pesimis, kita harus yakin akan kemampuan kita menghadapi semuanya.
    9. Bersabar. Kunci dari semua permasalahan itu sebenarnya adalah bersabar. Tuhan mau menguji kesabaran kita. Kalau kita bersabar atas segala ujian yang Allah Swt berikan, insyaallah semua permasalahan kita akan cepat selesai.

    Sekian jawaban dari saya, moga-moga menang ;)

    BalasHapus
  18. Nama : Naning Pratiwi
    Email : chelsea_lovers83@yahoo.com
    Kota Domisili : Tulungagung
    Akun twitter : @chelseas_lovers


    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"


    Menghindari keramaian.
    Kunci kamar rapat-rapat, menyendiri yang penting. Di dalam biasanya listening music sampe ketiduran.
    Udah gitu aja..
    Yaa setidaknya kalau banyak masalah, otak di-rileks-kan sedemikian rupa. Jangan paksa untuk kerja keras, atau mikir macam-macam.

    Kalau tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi, ya usahakan pikiran rileks lah. Apapun yang terjadi. Depresi itu kan karena ketakutan kita sendiri, negatif thinking. Kalau kita selalu positif thinking, nggak akan muncul deh namanya depresi. :D :D :D

    BalasHapus
  19. Nama: Putri Prama Ananta
    Email: anantaprama@yahoo.co.id
    Domisili: Probolinggo
    Twitter: @putripramaa

    Proudly, aku bilang ... bersih-bersih. :3 Aku akan dengan senang hati bersih-bersih ketika aku lagi pusing atau depresi. Kenapa bersih-bersih? Karena bersih-bersih membuatku untuk lebih telaten dan sabar. Dengan membersihkan barang, aku juga sekalian mikir, "apa sih yang bikin aku pusing begini?" Lagipula kalau tidak bersih-bersih aku justru bakal 'nyemprot' banyak orang dengan omongan pedas.
    Kalau aku sudah depresi banget, aku bakal diam. Nggak ngapa-ngapain. Nunggu pikiran tenang dan lampiasin segalanya sampai selesai, kalau nggak dilampiasin bisa-bisa makin mendem dan meledak kapan aja. Nah, meledaknya ini nih yang nggak enak bagi diri sendiri dan orang lain. Oh ya, kalau lagi depresi atau pusing, kamu hanya perlu sabarin diri dan berdoa.
    Tipsku untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi adalah ... tinggalkan masalah itu, sementara aja. Jangan lupa untuk menyelesaikan masalah itu. Seperti seseorang yang sedang writers block, kita cuma perlu ninggalin masalah itu sebentar, lalu dikejar lagi untuk diselesaiin.
    Terima kasih untuk giveaway-nya^^

    BalasHapus
  20. Nama: Tri Wahyuni
    Twitter: @tewtri
    E-mail: triwahyuni.irawan3@gmail.com
    Domisili: Ciamis

    Saya sendiri bukan tipe orang yang menganggap jika berbicara atau curhat bisa mengurangi kadar stres. Seriously itu tidak cukup mempan buat saya. So, dari yang sudah-sudah biasanya saya lebih sering nulis yah. Bukan jenis tulisan berat macam novel juga sih yang salah-salah malah bikin kadar depresi meningkat. Saya suka nulis sembarang saja, orat-oret tidak penting, mengeluarkan apa-apa yang lagi mengganggu pikiran saya. Makin banyak kalimat-kalimat yang saya tulis, seringnya efek leganya lebih kerasa.

    Kalau untuk tips ada baiknya rajin-rajin ketawa entah itu karena film, ocehan temen atau baca buku. Karena sesetres-stresnya kita kalau masih bisa ketawa walau terpaksa sekali pun ngefek ke hatinya juga bakalan baik.

    BalasHapus
  21. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Kota: Palembang
    Twitter: @murniaya

    Seseorang mengalami depresi tentu karena adanya tekanan hidup atau masalah yang membuat pusing yang lama-lama makin dipendam malah jadi depresi bahkan 'bom waktu'. itu lah mengapa kebanyakan orang yang sedang depresi sering mengunjungi dokter atau psikolog untuk penanganan dan menumpahkan uneg-unegnya supaya tidak menjadi 'bom waktu' jika depresinya sudah sangat berat. tapi, untukku sendiri belum pernah mengalami depresi yang terlalu parah. jika aku mengalami depresi oleh suatu masalah, yang akan kulakukan adalah sebagai berikut (sekaligus tips juga buat yang lainnya)...

    1). dengerin musik, seringnya instrumental yang mellow sebagai perangsang supaya lega kalau nyeseknya dikeluarkan lewat tangisan. tapi, habis itu langsung beralih ke lagu-lagunya Maher Zain supaya nggak makin berlarut dalam kesedihan dan kekecewaan.
    2). ngemil makanan manis yang susah berhentinya, karena cemilan khususnya yang manis itu mengandung gula yang bisa memberikan efek rasa senang bagi si konsumen. tapi sayangnya efek itu hanya berlangsung sebentar, makanya ngemil susah berhentinya, maunya makaaan terus. sebenarnya bahaya sih buat yang gampang 'melar', tapi berhubung badanku gini-gini aja, ya udah hajar aja deh. :D
    3). banyak-banyak ingat Tuhan bahwa semua yang dialami ini tidaklah melebihi batas kemampuanku. mencurahkan semua kesulitan dan berdoa pada-Nya agar dimudahkan segala urusan yang bikin pusing bahkan depresi ini cepat tersembuhkan.
    4). curhatkan juga pada sahabat terpercaya atau orang tua atau saudara agar mereka dapat memberi solusi dan lebih menenangkan diri ini.
    5). cari kesibukan lain yang bisa bikin lupa sejenak mengenai hal yang bikin depresi itu. misalnya beberes rumah, atau masak, atau cuci baju, atau bongkar lemari, atau olahraga main badminton.
    6). bertemu, jalan bareng, karaoke, dan bercengkrama dengan para sahabat tersayang untuk membantu suasana hati jadi ceria lagi.
    7). sering main sama keponakan atau anak-anak panti yang masih kecil-kecil. kelucuan mereka juga dapat mengobati segala kerumitan pikiran dan kegundahan hati.
    8). nonton film atau drama atau variety show yang lucu-lucu atau baca buku. Segala hal yang mengandung audio visual, sense of humor, atau hal yang membawa kita ke 'kehidupan lain' melalui fiksi bisa mengurangi kadar stress.
    9). tetap positive thinking bahwa masalah yang dihadapi adalah salah satu cobaan dari Tuhan atau sebagai balasan dari kelalaian diri sendiri. tapi tetap percaya saja kalau ini akan berakhir dengan baik dan ada hikmah yang bisa dipetik.
    10). I never done this before, but I think it's a good option for people who live near the ocean or hills. Just like what I saw so many times from any movies and series. Pergi ke pantai atau perbukitan, trus teriakin sepuasnya apa yang masih mengganggu di hati dan pikiran. Sometimes we need a big space to express what's going on with ourselves. And the outdoor place like ocean and hills are good choice.

    Tapi ini nggak harus diikutin semuanya sih. Pilih aja mana yang sekiranya pewe buat dilakuin. :)

    BalasHapus
  22. Nama: Eka Sasining Putri
    e-mail: ekasasie@yahoo.co.id
    Domisili: Kediri Jawa Timur
    Akun twitter: @cha_ichie

    Tergantung tingkat pusing atau depresi, maupun faktor yang membuat saya mengalami hal itu. Seringkali saya tidur, melesak ke dalam selimut, bergelung bersama guling; mengistirahatkan fisik dan mental saya selama beberapa puluh menit, lalu bangun dengan pikiran yang lebih jernih. Kadangkala saya juga memilih makan, mengisi asupan energi untuk berpikir. Karena menurut saya, otak saya ada dalam perut; perut kosong berpengaruh besar pada daya pikir saya. Saya menyukai musik, dari yang klasik sampai yang 'berisik' :), menyumbat lubang telinga dengan earphone, tidak peduli terputar lagu yang menghentak-hentak atau justru ballad yang mellow mendayu-dayu, saya menikmatinya sebagai potongan waktu yang berharga untuk menenangkan diri. Bahkan, jika saking tertekannya, saya melepas tangis, bergulung-gulung di atas ranjang atau lantai, tidak peduli seberapa berantakannya saya; karena bagi orang yang sedang kalut, penampilan bukan hal penting yang harus dijaga sampai akhir. Setelah itu, saya merasa lebih tenang, lebih mampu berpikir kritis. Namun jika keadaan tidak memberikan celah bagi saya untuk melakukan hal-hal tadi, saya cenderung mengomel, mengocehkan hal-hal dengan suara cempreng yang mengusik orang-orang di sekitar; bukannya membeberkan apa yang membuat saya demikian. Selain sebagai pengalih perhatian, pemuas emosional,saya juga bisa memancing orang-orang untuk menjadi teman berbincang (atau berseteru?) ramai-ramai. Saya kurang nyaman bersikap terbuka pada orang lain saat depresi, karena apa yang saya ungkapkan akan terkesan terlalu emosional, subjektif, dan tidak logis. Jadi, saya akan memberitahu orang-orang terdekat saya setelah mental saya sudah stabil dan saya telah melampaui apa yang menyebabkan saya menjadi seperti itu.
    Saya menganjurkan untuk senantiasa menyayangi diri sendiri saat sedang depresi. Entah dengan beristirahat, mencicipi kuliner baru, atau bahkan membeli sesuatu yang diinginkan. Pusing dan depresi bukan alasan untuk terperosok ke dalam keputusasaan, lalu diri sendiri dilupakan. Silakan mendengar musik, tidak perlu menghindar dari lagu-lagu cengeng untuk menenangkan diri. Justru ada kesempatan meratap, menangis, meraung di sana, meluapkan rasa sakit sebagai dampak merasa memiliki hati yang kerdil dan tak berdaya. Semakin dapat menghadapi depresi, semakin terbiasa dengan rasa sakit, semakin kuat nanti saat bangkit. Depresi juga seperti UN kok, meski harus menangis tapi tidak bisa dihindari jika ingin melaju ke perguruan tinggi :) Saya juga menyarankan untuk mencari suasana baru, jika ada dana dan waktu, pergi ke wisata alam dengan udara sejuk. Lain hal dengan saya, yang malas berjalan jauh dan belum mampu menyisihkan waktu dan perlu berhemat tiap bulan; saya hanya bisa berkeliaran di dalam rumah, mondar-mandir ke dapur untuk membuat kopi, merecoki adik sepupu, kadang nimbrung di depan tivi, atau bahkan duduk-duduk di pelataran haya untuk mencari angin. Sebenarnya depresi hanya tekanan ringan yang timbul saat apa yang dilakukan tidak seoptimal yang direncanakan; jika penanganan efeknya tepat, depresi bukan masaah yang membelit kok. Perlu adanya pemahaman terhadap diri sendiri, sejauh mana batas dan kesanggupan diri terhadap cobaan.
    Toh, manusia memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri :)

    BalasHapus
  23. Nama: Aulia
    Email: auliyati.online[at]gmail[dot]com
    Kota Domisili: Serang
    Twitter: @nunaalia

    Pertanyaan :
    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Jawaban:
    Beberapa bulan lalu saya dibuat pusing, tegang dan stress dengan masalah pekerjaaan sampai tidak nafsu makan dan tidak nyenyak tidur, selalu was-was, selalu kepikiran dan pinginnya terus kerja sampai semuanya selesai. Pokoknya hidup tuh jadi tidak tenang, selalu berpikir buruk. Tapi alhamdulillah, berkat usaha dan doa, akhirnya semuanya selesai dengan baik.
    Dari pengalaman itu aku mendapat hikmah dan pelajaran, jika sedang mendapat masalah jangan pernah berpikiran terlalu jauh, apalagi hal yang buruk, hadapi masalah dengan tenang dan kepala dingin, jalani sesuai kemampuan, lalu berdoa, memohon petunjuk dan pertolongan Allah SWT dan berserah diri padaNya.

    BalasHapus
  24. Nama: Evita
    Email: evita.mf27@ymail.com
    Twitter: @evitta_mf
    domisili: Jogja

    Kalau lagi sedih atau depresi biasanya aku ngelakuin 4 hal ini:
    1. Banyakin istigfar, sedikit demi sedikit hati jadi tenang. PASTI.
    2. Tidur. Ada nasihat super, begini bunyinya: "When nothing goes right, go to sleep". Yap, aku selalu milih tidur untuk jadi pelarian dari pada marah-marah atau nangis nggak jelas. Biasanya abis tidur agak tenang.
    3. Nonton Running Man. Ini ampuh banget. Aku bakal ketawa ngakak kalau nonton Running Man sampe lupa punya masalah. Program reality show dari korea ini udah kaya obat anti galau, sedih dan depresi.
    4. Dengerin musik yang sedih. Biar sedihnya ilang harus dengerin musik yang mellow-mwllow sih kalo aku.
    Aku bukan tipe cewek yang suka curhat atau nangis kalau ada masalah, makanya aku lakuin 4 hal mujabarab di atas insya Allah gundah gulananya langsung ilang. ^^
    Setiap orang punya cara yang berbeda untuk mengatasi sedihnya, kalau aku sih cukup 4 hal di atas aja.

    BalasHapus
  25. Nama: Didi Syaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Domisili: Tembilahan, Riau
    Twitter: @DiddySyaputra

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Simpel. Meskipun Saya tipe sedikit pendiam, untuk mengatasi masalah atau depresi akan sesuatu, Saya lebih memilih berbagi cerita ke orang lain, semisal meminta pendapatnya, gimana pun juga setiap masalah akan lebih mudah penyelesaiannya jika dilakukan bersama-sama. Kemudian me-refresh pikiran dengan hal-hal yang menyenangkan, salah satunya berkumpul bersama teman-teman, dengan begitu setidaknya setiap masalah akan sedikit terlupakan.

    Untuk tips menghindari depresi di saat banyak masalah sedikitnya Saya punya tiga tips. Pertama, menyikapi setiap masalah dengan penerimaan. Apapun masalah yang sedang dihadapi harus ikhlas diterima. Karena semua itu akan memicu pikiran kita untuk menempatkan setiap masalah bukan sebagai beban, melainkan tantangan yang harus ditaklukkan. Yah, entah nanti penyelesaiannya bagaimana, itu di luar kemampuan kita, intinya kita tidak goyah dengan beragam masalah yang dihadapi. Kan tahu sendiri, siap hidup juga siap punya masalah. "Life is problem." -Hidup adalah masalah. Justru dari masalah manusia akan terasa hidup, ya kan? XD. So, must go on. Kedua, melatih diri untuk selalu siap menerima konsekuensi dalam setiap penyelesaian masalah. Jangan biarkan diri kita men-judge penyelesaian masalah harus selalu menuai titik akhir yang kita inginkan. Karena yang kita inginkan tersebut belum tentu yang terbaik. Meskipun kadar penyelesaiannya sedikit kurang bisa diterima, akan tetapi itulah yang terbaik dalam penyelesaian. Tidak ada istilah untuk tidak menerima konsekuensi yang ada. Memuaskan atau tidak bagi kita, tetap ia yang terbaik di titik akhir penyelesaian. Jadi, bersiaplah. Terakhir dan paling utama, menyerahkan segala masalah yang dihadapi pada Sang Pencipta Masalah. Sebab, segala gerak-gerik, sebab-akibat kehidupan Dia yang menentukan serta mengatur tata letaknya. Jika telah menyerahkan segalanya pada-Nya, tidak ada istilah untuk kita berdepresi, berkeluh-kesah dengan masalah, toh kita hanya pesuruh, hamba, pelakon yang siap melakukan apapun yang telah diskenariokan-Nya, baik-buruknya tergantung skenario tersebut. Oke, sederhananya, serahkan segalanya pada Pembuat Skenario.

    Nah, simpel kan? XD. Itu doang sih penyikapan Saya dan tips yang selalu Saya lakukan untuk menghindari depresi. Lumayan njelimet yah. Hihi. Gak papa deh, semoga saja bisa dipahami.

    Terima kasih!

    BalasHapus
  26. Pekerja kreatif kayak saya, emang udah langganan sama 'pusing' & 'stres'. Kalau sampai depresi sih, alhamdulillah belum (dan semoga nggak). Biasanya, kalau lagi stress & pusing karena banyak masalah, hal pertama yang saya lakuin dengan segera adalah relaksasi ringan. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung, dan embuskan pelan-pelan lewat mulut, lalu, mengafirmasi diri sendiri bahwa saya baik-baik saja. Saya akan nyeleseiin masalah saya bagaimanapun caranya. Saya harus tetap tenang dan jernih. Sugesti itu terus saya ulangi sampai saya bener-bener rileks. Setelah itu, baru saya list masalah saya satu-satu, dan nyeleseiinnya pelan-pelan. Biasanya, pusingnya kelar. Kalau masalahnya berlarut-larut, saya bakal olahraga. Lari sore, atau lari pagi sambil cari udara segar, dan terus ngulangin afirmasi bahwa semuanya akan baik-baik saja. BIasanya, setelah kelelahan karena olahraga, saya jadi lebih tenang. Mungkin karena kehabisan energi untuk marah atau berpikir lebih lama.
    Sedang untuk depresi, itu sebenarnya tahap akhir dari stres yang berkepanjangan. Biasanya, orang yang depresi larinya ke obat penenang. Tapi kalau menurut saya, nggak perlu ke sana dulu. Coba dulu aja dengan meditasi. Lalu, cari teman terpercaya untuk mengkomunikasikan masalah kita. Memendamnya sendirian hanya akan meningkatkan level depresi. Minum banyak air putih, karena itu membantu kita lebih rileks dan tenang. Kalau perlu, cari tempat yang tenang untuk sendirian, berpikir jernih, dan menata hati. Akan lebh baik jika tempat itu adalah tempat yang belum pernah kita datangi sendirian. Yang terpenting adalah, jangan lari dari masalah. Karena itu hanya upaya untuk menumpuk masalah baru, sementara masalah yang sebelumnya belum kelar. Padahal depresi terjadi karena masalah yang tidak kunjung diselesaikan. Apa pun yang terjadi, seburuk apa pun situasinya, masalah harus dihadapi. Tidak ada cara lain. Hadapi saja dengan berani. Itu juga akan meningkatkan kepercayaan diri. Jika kita bisa menanganinya, meski tidak dengan luar biasa hebat, tanpa sadar kita telah menempa diri kita untuk menjadi selangkah lebih hebat dari sebelumnya.

    Nama: NM Rayanti Sari Dewi
    Email: biblionervosa@gmail.com
    Kota Domisili: Kendari, Sulawesi Tenggara
    Akun twitter: @biblionervosa

    BalasHapus
  27. Nama : Meilina Istanti
    Email : meilinaistanti@gmail.com
    Domisili : Banyumas
    Twitter : @meic_chan

    Kalo lagi pusing aku lebih ngandelin dengerin musik untuk menenangkan diri, efektifnya sih sambil tidur hoho :v
    Trus kadang aku bikin sketsa gaje di kertas, soalnya aku bukan tipe pencurhat xD Jadi kertaslah pelampiasanku.
    Trus lagi, kadang temenku kasih vitamin C buatku loh. Dan itu cukup efektif buat bikin suasana happy, asem-asem gitu bikin meringis, wkwk.
    Kalo udah mentok, usaha sana-sini buat nenangin diri karena pusing/depresi gak berhasil. Aku berdoa sama Allah, minta perlindungannya. Semoga diberi kemudahan menjalani hidup ini dengan jalan yang diridhoi-Nya ^^

    BalasHapus
  28. Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    Email : maimun_ridlo@yahoo.com
    Kota Domisili : Sleman
    akun twitter : @MukhammadMaimun

    "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

    Aku kalau sedang pusing atau depresi tuh yng aku lakukan biasanya :
    1). Introspeksi diri. Pasti ada sesuatu dalam diri aku yang gak bener dan berusaha untuk tidak melakukannya lagi di kemudian hari.
    2). Menenangkan diri. Ini bisa dilakukan dengan cara mendalami hobi. Bisa baca buku yang menarik, mendengarkan musik kesukaan, jalan-jalan ke tempat yang pemandangannya indah terus fotografi di sana dan sebagainya
    3). Melarutkan diri dengan waktu. Ya ini maksudnya kita larut dalam sebuah kegiatan yang kita senangi yang kira-kira menyita waktu kita, kita happy dan depresi terlupakan atau berkurang. Contohnya menulis, mancing, menggambar dsb. Kalau bisa yang kreatif dan produktif sehingga kita bisa menghasilkan karya.

    Kalau tipsnya sih paling-paling cuma :
    1). hindari sumber-sumber depresi. Misalnya ada sesuatu yang kira-kira membuat kita depresi kita sebisa mungkin menghindarinya. Atau memberikan solusi lain. Misalnya aja kalau memang kita lagi sibuk, serahin aja perkara tugas tambahan ke teman kerja yang lain. Paagi kalau deadlinennya mepet.
    2). Selalu berpikir positif. Ni penting. Karena kalau kita selalu memandang negatif terhadap semua hal, kita bisa-bisa akan depresi duluan sebelumnya.

    BalasHapus
  29. Nama :Dini Auliana Putri
    Email :dinieembemz@yahoo.co.id
    Domisili :Simbarwaringin, Lampung Tengah
    Akun twitter :@dini_auliana

    Kalau aku lebih suka menyendiri sambil merenungkan apa yg membuatku jadi seperti ini? Setelah aku temukan jawabannya, maka aku akan berdoa kepada Allah SWT. untuk minta jalan keluarnya. Untuk menghindari depresi yg berkelanjutan biasa aku lebih memilih untuk membaca buku yg tidak terlalu banyak konfliknya, untuk menghindari emosi yg sedang tidak stabil. Atau dengan mendengarkan musik yg alunannya bisa menenangkan jiwa. ^_^

    BalasHapus
  30. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Domisili : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/682474013180821504

    Yang saya lakukan saat sedang pusing atau depresi adalah tidur. Saat saya sedang pusing atau depresi, emosional saya meningkat. Hal ini bisa berdampak buruk buat saya dan orang sekitar. Jadi yang saya lakukan adalah tidur agar emosi saya menuyusut. Tapi, jika saat itu kondisinya saya sedang di luar ruangan atau sedang berada di keramaian yang tidak mengizinkan saya untuk tidur, misalnya di lingkungan kantor, yang saya lakukan adalah mendengarkan musik instrumental. Mendengarkan musik instrumental bisa mengurangi kadar pusing, selain itu saya juga suka membaca buku sebagai terapi saat pusing. Jadi, tiga hal yang pasti saya lakukan saat sedang pusing adalah tidur, mendengarkan musik instrumental dan membaca buku... :)

    Tips untuk menghindari depresi ala saya sih adalah yang paling pertama adalah ingatlah kalau kita makhluk beragama yang masih punya Tuhan sebagai tempat mengadu. Jika kita masih ingat dengan Tuhan, saya percaya kita bisa kuat dalam menghadapi masalah hingga tidak sampai timbul depresi. Kedua, tenangkan pikiran, relax dan coba berusaha berpikir dengan jernih dan telaah seperti apa masalah yang kita hadapai saat ini. Apa memang sesulit itu atau kitanya yang mempersulit. Dan ketiga,
    yakin dan percayalah dengan dirimu sendiri. Yakin lah, bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Dan yakinlah bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. Semoga tips nya bisa membantu dan gak terkesan menggurui ya... hehe.. :D

    Terima kasih ^^

    BalasHapus
  31. nama: Thia Amelia
    E-mail: thiameliasn@gmail.com
    Domisili: Bogor
    Twitter: @Thia1498

    Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?

    Kalau aku sih yah, kalau pusing atau depresi akan satu hal pasti akan aku hadapi. Menyelesaikannya dulu agar tidak kepikiran sampai lanjut. Tapi kalau memang sudah ada di batas maksimal, mungkin aku akan minta pendapat dari orang sekitar untuk mengajari aku bagaimana menghadapi masalah yang membuat aku pusing dan depresi itu.

    Tipsnya? Gampang, hadapi dengan hati ikhlas. Kalau masalah yang bikin aku pusing dan depresi itu udah ada di depan aku, aku akan tarik nafas sambil memejamkan mata dan berbicara dalam hati ‘hadapi thia hadapi, dari pada makin lanjut dan makin pusing? Lebih baik selesain sekarang’, yah seperti sugesti lah, dan TRININGGGG pasti masalah itu akan selesai.

    BalasHapus
  32. Nama : annik anzalni
    Twitter : @annickajodha
    Domisili : Karanganyar
    Email : annickajodha063@gmail.com

    Yg aq lakukan saat frustrasi/depresi itu biasa ma tidur.
    Dari sekian jurus yg pernah aq lakukan, mulai dari wudhu, baca alquran, solat, nangis, curhat ama seseorang, dan lain sebagainya, semua itu menyisakan kegalauan. Tapi setelah aq buat tidur biasa na itu langsung hilang. . Jadi tidur itu ampuh banget untuk menghilang frustrasi. . Kalau aq bukan hanya untuk menghilangkan frustrasi tapi juga saat marah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Daisy
      Email : Stupidliar367@gmail.com
      Domisili : Semarang
      Twitter : @daisy_skys


      "Apa sih yang kalian lakukan saat sedang pusing atau depresi akan suatu hal? Atau mungkin ada tips untuk menghindari depresi di saat banyak masalah yang sedang dihadapi?"

      1. Curhat sama Allah . Aku bakalan tumpahin semua isi hatiku , racauan , unek - unekku , pokoknya aku mau nangis tanpa malu - malu


      2.Bikin teh hangat aroma melati .Bikin pikiran Rileks diselingi kue - kue . Biasanya kalau lagi pusing aku jadi kalap . Sambil menekuni hobby juga boleh misalnya baca novel , nulis , nonton film , nyeritain aib orang *eh nggak boleh*

      3. Karokean . Mau lagu mellow ataupun nge-beat efeknya sama kok . Secara nggak langsung kita juga udah curhat biarpun lewat nyanyian . Pake joget - joget juga boleh .

      4. Liburan atau Hang out bareng temen. Cuci mata . Apalagi aku kalau liat cowok ganteng langsung deh mataku jadi berbinar berkilauan *efek Jomblo *

      5. Tidur lebih lama . selain Ngecharge energi buat tubuh juga bisa menenangkan dan meningkatkan kerja otak .

      6. Ceritakan masalahmu pada orang lain yang kamu percaya .Kalau dia belum bisa membantu coba deh tanya Mama Dedeh *apa hubungannya coba * Siapa tau bisa mengurangi beban .
      Curhat dong Mah.. iya dong

      Setiap masalah jangan dijadikan beban .Enjoy aja .Toh cepat atau lambat semua akan berlalu . Hidup terlalu singkat buat diisi dengan depresi . Mending difikir enteng aja . Yakinkan diri aku bisa dan semua pasti selesai .

      " Habis gelap terbitlah terang , Habis uang terbitlah hutang "

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS