[Baca Bareng BBI] : 7 Misi Rahasia Sophie by Aditia Yudis

Selasa, 31 Maret 2015


Tema Maret : Adaptasi buku ke film atau film ke buku


  Judul : 7 Misi Rahasia Sophie
  Penulis : Aditia Yudis
  Penerbit : Gagas Media 
  Terbit : Januari 2014
  Tebal : iv + 212 halaman
  Ukuran : 13x19 cm
  Harga : Rp.39.000
  ISBN : 979-780-690-1

Sinopsis:
Ini adalah cerita Marko, cowok broken home yang sedang membenci dunia. 
MARKO: Gue nggak pernah ngerti sama orang-orang yang eksis di sosial, apalagi yang sampai posting-posting video di YouTube. Buat gue, mereka itu egois dan narsis, cuma mentingin tampang. Masalahnya, Sophie malah nyuruh gue videoin dia buat misi-misi rahasia apaan lah di YouTube.Terus, gue mesti gimana? 
Serta sahabatnya, Sophie, gadis cerita yang menyimpan sebuah rahasia besar dan mengemban tujuh misi. 
SOPHIE: Marko sering banget bilang kalau orang-orang di dunia maya itu egois. Padahal, dia sendiri suka lupa mikirin orang lain. Makanya, gue mau bikin 7 Misi Rahasia Sophie! Gue pengin buktiin ke dia, kalau YouTube bisa di pake buat nolong mereka yang ngebutuhin. Gue juga pengin dia sabar, kalau di dunia ini, ada orang lain yang nggak seberuntung dia. Wish me luck, guys! 
Tujuh misi, dua sahabat, dan sebuah rahasia.

Novel ini bercerita tentang Sophie dan Marko, dua sahabat yang selalu bersama. Sebut saja Sophie, seorang gadis periang yang lagu suka-sukanya nge youtube, dan sahabatnya Marko yang setia nge-rekam kegiatan Sophie yang nantinya akan diupload ke Youtube.

Di awal cerita kita akan disuguhkan dengan kepanikan Sophie karena Komar a.k.a Marko yang membuat mereka terlambat untuk pergi ke suatu tempat. Tempat yang mereka akan tujui adalah Rooftop, ya! mereka berdua tinggal di gedung apartement yang bersebrangan, dan mereka sering nongkrong di Rooftop.

Mereka berdua akrab, walaupun sering bertengkar sih --". Hingga suatu saat Marko bilang:

"Lo tahu semua orang yang posting-posting video itu, cuma punya dua kemungkinan; pertama, mereka nggak ada kerjaan. Kedua, mereka benar-benar megalomania. Satu tingkat di atas narsis."

Sophie yang merasa tersindir pun malah marah kepada Marko dan membalas Marko dengan berkata :

"Gue juga malas basa-basi sama orang yang selalu nge-judge orang lain. Ngerasa dirinya paling benar!"

Dan, Sophie pun pergi dari tempat itu, meninggalkan Marko yang masih terpaku di tempatnya. Dan keesokan harinya Marko menghilang. Ya menghilang. Namun, pada hari ketiga Marko menghilang, akhirnya Sophie kembali menemukan Marko. Ah tidak, Marko-lah yang sebenarnya menemukan Sophie. Sophie yang merasa hilangnya Marko selama beberapa hari ini adalah karena dirinya pun bertanya sebab dari hilangnya Marko, dan Sophie pun bisa bernapas legah saat tahu bahwa itu semua bukan karena dirinya, melainkan suatu hal sensitif bagi Marko.

Lalu scene selanjutnya adalah Sophie dan Marko yang sedang berada di Roftoop, namun dengan suasana yang berbeda, dengan sofa dan payung besar yang telah berada di sana.

"Lo dapat barang-barang ini dari mana?" tanya Marko
"Kafe bawah tutup. Barang-barangnya dibuangin." jawab Sophie tanpa menatap Marko

"Lo pernah bilang kalau orang-orang yang upload vidio itu egois. Mereka cuma mikirin diri sendiri." Sophie menggerling, dan Marko sudah memasang ekspresi datarnya.
"Gue akan bantah omongan lo, dengan lanjutin tujuh misi rahasia Sophie. Lo mau bantu gue, kan?" 

DAN... DI SINILAH CERITANYA DIMULAI.

Dan, setelah Adriana, lagi-lagi saya nemuin fakta kalau film '7 Misi Rahasia Sophie' itu diangkat dari novel setelah nonton filmnya ._. Jadi saya nonton filmnya dulu terus tahu novelnya >,<

Penggunaan bahasa di Novel ini cakep ya, nggak rumit dan nggak bikin pusing. Alurnya pun sama seperti itu, berjalan mulus. Penggambaran karakter yang menarik, kelakuan Sophie yang sering mengundang tawa dan kesabaran Marko dalam menghadapi Sophie membuat mereka berdua menjadi tokoh utama yang dapat membuat nyaman.

Ada bagian dalam novel ini yang saya sukai, yaitu saat Sophie sedang di perpustakaan dan diejek sama gerombolan cewek yang ngomentari misi Sophie:

"Kalau nggak karena tugas, males banget gue ke sini! Tampangnya sama semua, kayak buku cetak!" ucap salah satu dari gerombolan cewek tersebut.

Sophie pun mendapatkan ide, sebelumnya dia telah memastikan tak ada orang lain yang memperhatikannya. Sophie berdehem dan mulai merekam dirinya sendiri.

"Di sekolah ini ada dua spesies yang paling dominan. Anak mall dan anak perpus. Anak perpus sangat nyaman dengan habitatnya. Tapi jangan salah, mereka juga menikmati hangout ke mall. Tapi anak mall hanya di mall mereka merasa eksis. Tapi di luar habitatnya, mereka sering mati kutu. Dan asal tahu aja, semua juga bisa nikmatin ke mall. So, who's the really some kind of aliens people? You'll know the answer is...."

Namun, saat ingin melanjutkan perkataannya, ternyata Sophie sudah ketahuan oleh gerombolan cewek tersebut. Beberapa saat kemudian, datang salah satu cewek dan langsung membentak Sophie:

"Rese banget sih lo!" bentak si cewek judes berambut panjang tanpa basa-basi.

Sophie bersedekap dan balas menatap si cewek jutek tidak kalah galak. 

"Kalau lo mau cari upload-annya di Youtube, jangan lo googling 'Misi Rahasia Sophie'. Lo ketik aja 'anak perpus versus anak mall." Sophie melengos, sebelum kelompok jutek itu menanggapi kata-katanya, dia segera membereskan buku-bukunya dan melagkah pergi seolah tidak terjadi apa-apa.

Itu bagian yang cukup lucu dan keren sih menurut saya, entahlah sang penulis mendapat ide darimana, tapi idenya memang cemerlang! Misi-misi rahasia Sophie juga nggak jauh-jauh dari sikap kemanusiaan, membantu sesama, menghibur sesama, dan semacam kegiatan sosial lainnya. Tentu saja semua itu sudah lebih dari cukup untuk menghapus pikiran Marko soal 'orang yang suka nge-upload vidio ke youtube itu egois dan narsis".

Eh. Sophie ini adalah seorang kakak dari 3 bersaudara loh! adiknya perempuan semua! yang satu umurnya nggak terlalu jauh sama Sophie, sedangkan yang satunya masih kecil. Sophie ini sayang sama adiknya, tapi ada salah satu adiknya yang iri sama Sophie karena dia merasa kalau kedua orang tuanya cuma sayang sama Sophie. 

Hubungan Sophie dan Marko memang dekat, namun semakin merenggang karena kemunculan Imel, yaitu seseorang yang mereka temui saat menjalani salah satu dari '7 Misi Rahasia Sophie'. Bukan, Imel bukanlah seorang tokoh antagonis, malahan dia baik. Tapi, entah kenapa Sophie merasa Marko dan Imel cocok, akhirnya ia mencoba untuk mendekatkan mereka berdua.

Ini kisah tentang 7 Misi Rahasia Milik Sophie, 7 misi yang akan membuat kita menebak apa makna dari keseluruhan misi tersebut, 7 misi yang harus dilakukan dengan sepenuh hati, dan 7 misi yang akan mengantarkan kita ke sebuah tujuan utama Sophie.

Novel ini mengulas tentang kehidupan remaja yang sesungguhnya, juga menceritakan tentang masalah keluarga, tidak hanya membahas soal percintaan.
Amanat yang bisa kita ambil dari novel ini adalah kita tidak boleh dikuasai oleh amarah, kita harus menghargai waktu sebaik-baiknya, juga harus memperlakukan orang yang kita sayang secari baik, sebab kita tidak akan pernah tahu, kapan orang itu akan pergi meninggalkan kita.

Dan, novel ini membuat saya menangis pemirsah >,< emang dari sananya sih kalau saya gampang nangis, tapi memang novel ini keren. 5 dari 5 bintang untuk 7 Misi Rahasia Sophie.

Oke, ayo sekarang kita beralih ke fimnya :


Judul : 7 Misi Rahasia Sophie
Tayang : 06 Februari 2014
Sutradara : Billy Christian
Produser : Chand Parwez Servia

 Fiaz Servia

Penulis : Anggoro Saronto
Durasi : 97 Menit
Musik : Raisa - Teka Teki
HiVi
Andhika Triyadi
Pemeran : Alisia Rininta as Sophie
                 Stefan Willian as Marko
                 Pamela Bowie as Imel
                              Wulan Guritno as Mama Sophie
                         Bucek Depp as Ayah Sophie
                                 Roweina Umboh as Mama Marko
                     Gary Iskak as Ayah Marko
                             Ambar Soedarno as Oma Imel
               Khansa Athaya as Silvi
                                Marsha Beby Clarissa as Marshya
            Michelle Joan as Rika
                        Ricky Cuaca as Cowok Cupu

 Tidak semua bagian dari novel muncul pada film ini. Beberapa adegan di novel ada yang tidak muncul dan sebagiannya lagi malah tidak ada di novel. Tapi itu wajar, kan? Saya rasa pemerannya sudah 'sangat cocok' untuk memerankan para tokoh dalam novel. 

Alisia Rininta as Sophie

   

Alisia Rininta ini sangat cocok memerankan Sophie, dia berhasil menghidupkan sosok Sophie yang ceria, petikilan, juga lucu ^^


Pamela Bowie memerankan sosok Imel dan ia juga berhasil menghidupkan sosok Imel yang lembut. 

Beberapa foto dari film:



























Filmnya juga sukses buat saya nangis kejer -,- endingnya itu loh~ emang sih ada bagian di novel yang nggak ada di film, tapi para pemeran sudah cukup mendalami karakternya masing-masing ^^






[Review] In a Blue Moon by Ilana Tan

Senin, 30 Maret 2015


Judul : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : April 2015
Harga : Rp.70.000
ISBN : 978-602-03-1462-4
BLURB :
“Apakah kau masih membenciku?”“Aku heran kau merasa perlu bertanya.” 
Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur. 
Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.
Kembali lagi dengan karya Ilana Tan, sang Penulis Mega-Bestseller itu berarti kita kembali terhanyut dalam kisah yang ia buat. Ini adalah novel keenam beliau yang aku baca. Sebelumnya aku telah membaca Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan Spring in London yang terkabung dalam tetralogi 4 musim dan aku juga sudah membaca Sunshine Becomes You karya beliau. Sebelumnya, saat mendengar jika Ilana Tan akan segera kembali dengan karya sebelumnya, aku bertanya-tanya "Apakah kisahnya akan berakhir bahagia? atau malah kita akan bermain-main dengan kesedihan?"

Dan Alhamdulillah aku berhasil mengikuti Pre Order In a Blue Moon di bukubukularis dan berhasil mendapatkannya hari minggu kemarin. Satu kata untuk cover novel ini, manis. Di samping fakta yaitu diriku yang menyukai warna biru, cover novel ini memang sangat cantik dan manis. Kegelapan yang digambarkan dengan warna biru dan sebuah toko kue 'A Piece of Cake' dengan hiasan natal di sekitarnya, juga butiran salju yang turun dengan indahnya membuat cover ini tampak hidup dan dapat membuat para pembaca jatuh cinta.

Novel dengan tebal 318 halaman ini akan kembali membawa kita menikmati cerita lain tentang sepasang anak manusia yang bernaung di New York. Membuat kita kembali mengingat kisah sebelumnya, yaitu Sunshine Becomes You yang  membawa kita dapat berkenalan dengan Alex Hirano dan Mia Clark. Di kisah kali ini kita akan berkenalan dengan Lucas Ford dan Sophie Wilson, yang membuat kita akan mengerti apa arti kata maaf yang sesungguhnya, yang membuat kita akan tahu bahwa semua orang dapat berubah ke suatu hal yang lebih baik.

Lucas Ford, koki peraih bintang Michelin, juga pemilik Ramses yang merupakan restoran terbaik di New York. Pria tinggi yang memiliki mata biru gelap, tampan, rambut cokelat, dan juga kulit pucat yang bisa membuat semua wanita terpesona olehnya.  

Sophie Wilson, gadis berwajah Asia yang juga pemilik toko kue A Piece of Cake yang terkenal dengan tartlet nya yang enak. Gadis bersuara feminim, rambut hitam dengan potongan bob yang feminim, tubuh kecil, dan mata berwarna cokelat tua yang menyukai pertunjukan teater.

Mereka saling kenal, tapi bukan berarti mereka berteman. Mereka tidak akrab, tapi bukan berarti mereka tidak pernah bertemu sebelumnya. Mereka saling mengenal dan 'mungkin' pernah menjadi teman tapi, suatu kesalahan yang dilakukan salah satu pihak dari mereka membuat kekacauan yang dirasakan pihak lain.

"Lagi pula, permintaan maaf tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi." - Sophie Wilson
Kesalahan yang dilakukan salah satu pihak membuat pihak lain merasakan imbasnya. Kesalahan yang dilakukan oleh Lucas Ford harus membuat masa-masa terakhir SMA Sophie Wilson terganggu dan  berubah menjadi mimpi buruk. Dan semua itu karena Lucas Ford. Catat, semua itu karena Lucas Ford. Dan apa yang dilakukan Lucas Ford? Minta maaf? Oh, bagaimana bisa itu terjadi jika bahkan perasaan bersalah pun ia tak punya?

Tapi, mimpi buruk itu akhirnya bisa hilang saat Sophie dan keluarganya memutuskan untuk pidah dari Chicago ke New York. Namun, apa daya jika takdir telah berbicara? Sepuluh tahun kemudian, akhirnya Sophie kembali bertemu dengan dengan pembawa mimpi buruk tersebut. Sophie kembali bertemu dengan Lucas. Lucas kembali bertemu dengan Sophie.

Ini semua karena kakek Lucas, Gordon Ford yang berencana menjodohkan Lucas dengan cucu temannya. Tapi, siapa yang menyangka jika ternyata cucu teman kakek Lucas adalah Sophie? Siapa sangka bahwa cucu dari Thomas Wilson yang tak lain adalah teman kakek Lucas adalah Sophie Wilson? Namun, apa daya jika takdir telah berbicara?


"Apa kau masih membenciku?
"Ya, aku heran kau merasa perlu bertanya."
Mereka bertemu kembali, Sophie dan Lucas bertemu kembali setelah sepuluh tahun yang lalu berpisah dengan kenangan masa SMA. Bertemu kembali di pesta pernikahan kakak pertama Sophie, yaitu Tyler. Lalu? jika takdir telah berbicara, maka apakah yang dikatakan oleh takdir tersebut? Apakah takdir akan mengatakan bahwa Lucas dan Sophie akan bersama? atau malah takdir akan mengatakan bahwa Lucas dan Sophie tidak seharusnya bersama?

Pertemuan pertama adalah sebuah ketidak sengajaan. Pertemuan kedua adalah sebuah kebetulan. Namun, pertemuan ketiga menandakan bahwa pertemua sebelumnya adalah sebuah takdir.
"Lagi pula, permintaan maaf tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi." - Sophie Wilson
Ya, setelah pertemuan di pesta pernikahan kakak Sophie, akhirnya Lucas dan Sophie kembali bertemu. Dan akhirnya Lucas berusaha meminta maaf atas kesalahannya dulu kepada Sophie, namun Sophie menolak permintaan maaf itu, dia pikir dengan Lucas meminta maaf, itu hanya akan membuat perasaan Lucas lebih baik, bukan perasaan Sophie.
"Kalau kau sudah minta maaf, tapi permintaan maafmu tidak diterima. Apa yang harus kau lakukan?" - Lucas Ford
Sophie sepertinya membenci Lucas. Ya, siapa yang tidak akan membenci orang yang membuat masa SMA mu menjadi mimpi buruk? Tapi lama-kelamaan Sophie dan Lucas menjadi dekat. Lucas memperlihatkan ketertarikannya kepada Sophie. 


"Apakah kau tahu hanya garis tipis yang memisahkan perasaan benci dan cinta?"

Namun, di sisi lain ada seorang teman Lucas, yaitu model bernama Miranda Young dengan perawakan tinggi yang memiliki jenis kecantikan yang menonjol, menuntut perhatian dan kadang mengintimidasi, juga rambut merah, dan  mata hijau yang sepertinya menyimpan sebuah perasaan pada Lucas.
"Kenapa? Apakah apabila seseorang tertarik padamu berarti kau juga harus tertarik padanya?" - Lucas Ford
Selain Miranda Young, ternyata juga muncul seseorang dari masa lalu Sophie, yaitu  Adrian Graves. Ia mencoba kembali kepada Sophie. Mencoba kembali ada di sisi Sophie.

Ah juga ada Nicholas Li, seorang pria yang pernah meminta Sophie menjadi kekasih 'pura-puranya' saat menghadiri sebuah pesta.  

Lalu, bagaimana kelanjutan hubungan Lucas dan Sophie? Dan apakah Sophie nantinya akan memaafkan Lucas? Bagaimana pula dengan Miranda Young yang memilik harapan lebih kepada Lucas? Semua jawaban ada di In a Blue Moon karya Ilana Tan ^^ Yuk mari baca~

*Pendapat* :

Hua Huaaaa diriku membaca novel ini seleama kurang lebih enam atau tujuh jam >,< Satu kata yang menggambarkan novel ini, "Manis". Ya, novel ini manis hingga membuat diriku hampir diabetes. Kata-kata manis Lucas yang tidak terlalu berlebihan membuat nyaman dan menggambarjan sisi manis dirinya.

Cerita In a Blue Moon ini mengalir lancar dan juga nggak ngebosenin, saya bacanya cuma sekali duduk! Sekali lagi, Ilana Tan menggunakan latar lokasi di luar negeri, namun saya suka caranya membawakan cerita ini, mengingat latar New York dalam cerita, memungkinkan adanya adegan yang ya gimana gitu~ tapi ternyata nggak ada adegan-adegan yang nggak pantas kok, jadi novel ini aman buat remaja, salut buat Ilana Tan ^^.

Entah mengapa, diriku merasa kalau Ilana Tan membawakan novel ini dengan gaya baru, lebih fresh gitu. Dua puluh delapan bab ditambah prolog dan epilog yang sangat memukau. Gimana cara Lucas memperlakukan Sophie, gimana cara hubungan mereka bisa membaik, dan juga sikap Miranda Young yang membuatku jengkel -_-

Miranda Young, bisa dibilang sih dia baper (bawa perasaan) terhadap sikap Lucas kepadanya. Diriku lebih suka memanggilnya 'parasit' daripada memanggilnya sebagai teman Lucas. Maafkanlah aku, Miranda Young tapi kau memang menjengkelkan dan membuatku melatih kesabaran~ Dan, kalian tahu? Miranda Young sering mengaku bahwa dirinya adalah kekasih Lucas. Dan sebenarnya dia juga memanfaatkan Lucas untuk karirnya. Euwww~

Diriku juga sempat jengkel dengan Lucas saat tahu kesalahan apa yang Lucas buat hingga Sophie membencinya. Lucas kau jahat :''

Gordon Ford, sepertinya ia akan melakukan semua hal agar keinginannya tercapai x) ia juga adalah sosok kakek yang 'sedikit' menjengkelkan namun sayang terhadapa cucunya, juga sedikit kocak. 

Dan sepertinya jadi Sophie cukup enak, ia mempunyai dua kakak laki-laki yang sayang dan perhatian padanya. Ada cowok yang deketin Sophie? duh siap-siap berhadapan sama Tyler dan Spencer dulu deh~

Ah, jangan juga lupa sama Jared Newt -,- dia itu seperti teman dekat Lucas sekaligus manager di Ramses. Ah ya! apakah kalian ingat Ramses? itu lohh restoran yang pernah dikunjugi Mia bersama teman-temannya di Sunshine Becomes You >,< dan siapa sangka bahwa ternyata pemilik Ramses adalah Lucas? 

Adegan yang paling kusukai di novel ini adalah saat Lucas mengatakan kepada Sophie bahwa Sophie mungkin tidak sempurna, tapi Sophie sempurna untuk Lucas. Ah abang Lucas, kau manis sekali >,<

Dan em apakah kalian ingat artikel yang pernah kutulis mengenai keterkaitan antara Sunshine Becomes You dan In a Blue Moon? bisa kalian baca di sini. Ada satu kesalahan di sana, ternyata gadis penjaga toko kue yang kaget saat Mia pingsan bukanlah Sophie, tetapi karyawan toko Sophie yang bernama Christina. Sophie sendiri saat itu sedang pergi ke sebuah pesta dan tanpa sengaja bertemu dengan Lucas. Sophie dihubungi oleh Christina dan Sophie sendiri juga cukup kaget saat mengetahui ada pelanggannya yang pingsan.

Dan, 320 halaman menurutku masih kurang untuk kisah Lucas dan Sophie >,< *duh maafkeun Aku ya kak Ilana Tan* dan juga diriku masih kangen dengan karya Ilana Tan hoho >,<

Jadi, seperti Sunshine Becomes You yang membuat kita bingung dengan makna judulnya dan akhirnya dapat mengetahui bahwa Sunshine Becomes You adalah judul lagu yang khusus Alex Hirano buat untuk Mia Clark. Maka, untuk mengetahui makna dari Blue Moon, kita akan menemukannya saat membaca novel ini. Once In a Blue Moon, sesuatu yang jarang terjadi, atau mungkin jarang sekali terjadi(?)

Typo? Aku nggak nemuin typo di novel ini. Apa memang nggak ada typo atau aku yang terlalu menghayati baca In a Blue Mon sampai-sampai nggak nemuin typo?

Terima kasih buat Gramedia Pustaka Utama yang selalu nerbitin bukunya Ilana Tan >,< ditunggu lagi ya buku terbarunya :D .

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah semua orang bisa berubah, ya walaupun dahulu dia mungkin telah merusak hari-hari kita tapi jika dia telah berubah menjadi lebih baik dan telah meminta maaf, maka apa salahnya jika kita memaafkannya? Sekiranya kita berusaha untuk menghapus kenangan pahit masalalu dan melihat perubahan yang dibuat oleh 0rang tersebut untuk menjadi lebih baik.

5 dari 5 bintang untuk In a Blue Moon \^o^/ ditunggu lagi karya-karyanya Ilana Tan ^^ kuharap kau tidak membuatku menunggu beberapa tahun lagi. Dan terima kasih karena telah membuat kisah manis yang bisa membuatku meleleh. Ilana Tan, setelah Alex Hirano, lagi-lagi kau membuatku jatuh cinta akan karakter yang kau buat, ah Lucas Ford kau membuatku jatuh cinta~. Dan yang terakhir, salam untuk Sophie dan Lucas, juga kakek Lucas, ah ya! Salam juga untuk Miranda~

Teruntuk Ilana Tan, jika anda membaca Review ini, aku cuma mau bilang kalau aku suka banget karya-karya mu :) terus berkarya dan jangan membuat kami para pembaca sekali lagi lama menunggu ^^

Catatan : saya semangat banget nulis review ini >,<

Wishful Wednesday #10

Rabu, 25 Maret 2015


Hai hai~
Nggak kerasa kalau udah rabu terakhir di Maret 2015 >,<
Apakah sudah ada Wishful Wednesday kalian bulan ini yang terkabul? diriku Alhamdulillah sudah ada :D
Jadi ehm apa ya Wishful Wednesday rabu ini....

1. KISMET by Nina Addison


Judul : Kismet
Penulis : Ninna Addison
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Maret 2015
Cover : Softcover
Harga : Rp.60.000
Tebal : 296 Halaman
Blurb :
Sinopsiskismet//takdir//destiny. Kata yang melibatkan semacam rahasia kosmik, yang memberi letupan kejutan di sana-sini dalam hidup seseorang, menggiringnya ke tempat ia seharusnya berada. 
Konsep itu menggelikan bagi Alisya.  
Tetapi ketika di tengah hiruk pikuk New York City ia bertemu dengan Cia, perempuan yang seketika menjadi sahabatnya, Alisya bertanya apakah takdir sedang bekerja? Lalu muncul Raka, satu-satunya cowok yang bisa membuat Alisya jatuh cinta. Lelaki yang, lagi-lagi, dibawa takdir masuk ke hidupnya. Sayangnya, takdir yang satu ini berpotensi menghancurkan persahabatannya dengan Cia. Jadi, mana yang harus ia pilih? 
Orang bilang persahabatan itu kekal, untuk seumur hidup. Namun, bukankah cinta sejati juga demikian?

2. I am Yours by Kezia Evi Wiadji


Judul : I am Yours
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Terbit : April 2014
Penerbit : BIP
Blurb :
Alec: Loe milik gue dan selamanya akan menjadi milik gue. 
David: Aku mencintaimu sejak pertama kali melihatmu. 
Daniel: Dia cantik. Dia berbeda. Dia istimewa. 
Amelia: Seandainya aku bebas menentukan pilihan hidupku ... 
Kisah tentang cinta yang terkhianati, tentang hati yang patah, tentang harapan yang tak kunjung padam, tentang ketidakpastian dan janji yang harus ditepati. 
Haruskah Amelia menentukan pilihannya sendiri?Atau justru takdir yang mengambil alih?


Hoho itulah buku yang menjadi Wishful Wednesday saya bulan ini ;3. Untuk yang pertama adalah sebuah buku baru karya Ninna Addison yang bikin penasaran banget! >,< tentang takdir gitu, dan judulnya adalah 'Kismet' yang memiliki makna 'takdir', covernya juga kiyut gitu ;3.

Dan buku kedua adalah I am Yours karya kak Kezia Evi Wiadji >,< saya habis stalk akun-akun beliau, dan banyak pembaca yang mention kak Evi soal karakter I am Yours, katanya mereka minta cowok kayak David, duh jadi penasaran David itu orangnya gimana :D



Jadi, ingin membagikan Wishful Wednesday kalian? ini caranya :
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di post kak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

[Review] Runaway by Kezia Evi Wiadji

Sabtu, 21 Maret 2015


Judul : Runaway
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Penerbit : Grasindo
Desainer : Chyntia Yanetha
Penata Isi : Abdurrahman
ISBN : 978-602-251-776-4
Tebal : vi 145 Halaman
Terbit : Desember 2014
BLURB :
Amy dan adiknya, hidup bersama orang tua yang tidak lagi saling mencintai. Keberadaan sang ayah telah digantikan oleh materi, sementara sang ibu selalu menyakiti dirinya sendiri. Bertahun-tahun Amy merasa tidak bahagia. Gedung gereja dan kesibukannya sebagai panitia Natal selalu menjadi pelariannya. 
Suatu hari, sepulang sekolah, Amy menemukan rumah dalam keadaan kosong. Hanya terdapat jejak darah di lantai dan di kamar ibunya. Sesuatu yang mengerikan telah terjadi dengan ibunya! 
Karena tak mampu lagi bertahan, Amy melarikan diri. Lari dari keluarga yang tak lagi memberinya rasa aman, kebahagiaan, juga kasih sayang.
Tetapi ...
Seorang cowok menyebalkan, memergoki pelariannya itu!

Novel ini adalah sebuah Novel karya kak Kezia Evi Wiadji atau akrab disapa kak Evi. Sebelumnya, kak Evi telah menulis beberapa karya, yaitu You Are Invited, I am Yours, Kimmy Puzzle, Sweet Winter, Be Mine dan lain-lain. Karya terbaru kak Evi adalah Maret Flowers yang ditulisnya bersama Adya Pramudita dan Ninna Rosmina. Novel ini adalah karya pertama beliau yang saya baca, namun sebelumnya saya memang telah tertarik dengan You Are Invited, I am Yours, dan Kimmy Puzzle karya beliau yang sempat dibahas oleh sebuah akun social dan membuat saya tertarik.

Novel ini tidak terlalu tebal, bisa dibilang ini adalah novel tertipis yang pernah saya baca, namun novel ini bisa memberikan kita butir-butir makna kehidupan yang sebenarnya. Di dalam novel ini, kita akan diajak berkenalan dengan Amy dan Reno.

Amy, seorang gadis yang sedang stress dengan kehidupan keluarganya. Pertengkaran kedua orang tuanya membuat ia merasa lelah dan ingin lari dari dari pertengkaran itu. Pelarian yang dia lakukan dengan cara bergabung dalam kepanitiaan natal malah membuatnya bertemu dengan Reno, seorang cowok yang dia temui di Gereja dalam 'salah satu' langkah pelariannya beberapa hari yang lalu. Masalahnya bukan karena ia kembali bertemu dengan orang yang sama, namun masalahnya adalah kesan pada pertemuan pertama mereka dan sifat Reno yang menurut Amy menyebalkan.

Reno, seorang cowok yang tanpa sengaja menemukan seorang gadis yang sedang tertidur saat ia sedang berada di Gereja. Menurutnya, gadis tersebut sangat unik dan -- hm juga cantik. Tanpa ia sangka, dirinya bertemu kembali dengan gadis tersebut -- hm dan ternyata nama gadis itu adalah Amy. Ia bertemu lagi dengan gadis itu dengan rapat kepanitiaan natal. Dan entah takdir apa itu, ternyata dia adalah ketua dari seksi dekorasi dengan Amy di dalamnya.

Hal tersebut membuat mereka sering bertemu dan menjalin kedekatan di antara mereka. Reno dengan sikapnya yang petikilan dan bisa membuat Amy nyaman -- namun kadang juga kesal. Dan Amy yang menyembunyikan kisah keluarganya dari dunia luar dan harus memendamnya.

Namun, ada sebuah fakta dibalik keramahan Reno yang membuat Amy kaget saat mengetahuinya. Fakta yang membuat Amy berpikir bahwa ternyata kehidupan Reno tak semudah yang ia pikirkan selama ini, tak sebahagia yang ia pikirkan selama ini. Reno juga memiliki masalahnya sendiri, namun ia masih bisa bertahan, tidak seperti Amy yang malah mencoba lari dari masalahnya.

Hoho saya suka cerita ini, ringan tapi membuat kita mengerti makna kehidupan. Menceritakan kisah dengan sudut pandang Amy, kita akan dihadapkan dengan cerita tentang Amy dan keluarganya. Amy yang harus menahan diri dengan masalah keluarganya dan harus berusaha agar adiknya --Tasya-- tidak mengetahui masalah sebenarnya. Pertamanya, saya mengira Amy adalah seorang anak yang kacau karena masalah orangtuanya, namun ternyata Amy bisa dibilang cukup kuat. Ibu nya lah yang bisa dibilang kacau karena masalah tersebut, hingga ibunya lebih sering mengurung diri di kamar. Namun untung masih ada Bibi yang memperhatikan kesehatan Amy dan adiknya. 

Novel ini adalah novel bertema natal, namun saya sebagai seorang muslim merasa nyaman dan mengerti kok saat membaca novel ini. Saya juga memang menemukan sedikit typo dalam novel ini, tapi itu tak masalah bagi saya sendiri. Covernya juga cantik. Saya suka bagian-bagian akhir dengan kata-kata bijak Reno ^^. 

Novel ini mengajarkan kita bahwa lari bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan suatu masalah. Juga mengajarkan kita bahwa kadang ada orang yang menyalahkan orang lain karena sebuah kesalahan tanpa berpikir bahwa dirinya sendiri juga telah melakukan sebuah kesalahan yang besar. 

Hoho ada beberapa kutipan yang saya dapatkan di novel ini :

"Pening karena pedas lebih baik daripada pening karena masala." - halaman 7

"Untuk mendapatkan perhatian dan cinta, mengapa harus menyakiti diri sendiri?" - halaman 44

"Mungkin terdengar aneh, bahkan bagi diriku sendiri, tetapi aku merasa ada sesuatu yang terjadi dan entahlah, membuat perasaanku semakin gentar." - halaman 92

"Berbagi dengan orang lain akan terasa lebih baik." - halaman 112




Hoho itu saja untuk review Runaway ini ^^ saya berharap kedepannya bisa bertemu dan membaca lagi karya kak Evi selanjutnya :)

Wishful Wednesday #9

Rabu, 18 Maret 2015

 
Selamat hari rabu dan selamat menuliskan mimpi-mimpi  ̄﹏ ̄ *siapa tahu ada peri yang baca Wishful Wednesday dan bersedia mengabulkannya (*^﹏^*)

1. To all the boys I've Loved Before by Jenny Han 


Judul : To All the Boys I've Loved Before
Penulis : Jenny Han
Penerbit : Spring
Terbit : April 2015
Harga : Rp.64.000
Tebal : 382 Halaman
Blurb :
Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah  ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. 
Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri. Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa. 
Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.
DUH BUKU BARUNYA SPRING! Hihi walaupun belum baca Fangirl, tapi diriku selalu mengikuti kabar-kabar terbaru Spring kok ^^ dan buku kedua Spring akhirnya terbit! Yeaa! Selamat ya Spring ;) semoga kedepannya bisa menerbitkan lebih banyak buku lagi ^^ . Untuk 'To All the Boys I've Loved Before' ini, Spring mempertahankan cover aslinya yang sangat manis >,< hoho. 

Dan.... sepertinya ceritanya bikin greget pemirsah! Bagaimana jika surat cinta yang kita buat untuk seseorang hanya sebagai ungkapan perasaan yang hanya akan disimpan untuk diri sendiri malah TANPA SENGAJA TERKIRIM! Duh untuk membayangkan saja, saya sudak tak sanggup~
Jadi gimana sih perasaan Lara Jean? diriku penasaran~

Eh kan 'To all The Boys I've Loved Before' ini ada seri keduanya, yaitu 'P.S. I Still Love You', berarti Spring wajib nerbitin juga kan ya ;p hehe pokoknya ditunggu deh terbitan-terbitan kece dari Spring selanjutnya ;) 




Jadi, ingin membagikan Wishful Wednesday kalian? ini caranya :
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di post kak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

[Opini Bareng BBI] : Alur Cerita

Senin, 16 Maret 2015


Tema Opini Bareng BBI bulan Maret  : Alur Cerita 
Apakah kamu tipe yang ingin alur cerita maju teratur atau melompat-lompat? Buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan yang pernah kamu baca?

Duh ketemu lagi di Opni Bareng bulan ini! Sepertinya saya akan mengusahakan agar selalu mengikuti kegiatan 'Opini Bareng' ini ^o^

Alur cerita ya? Alur termasuk dalam unsur terpenting selain penokohan, tema, judul, amanat, sudut pandang, dan latar dalam suatu cerita.


Alur sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu alur maju dan alur mundur, biasanya juga digunakan alur campuran maju-mundur dalam sebuah cerita atau juga disebut alur kilas balik (flashback). Alur sendiri memiliki pengertian sebagai pergerakan cerita dari waktu ke waktu, dari awal cerita hingga akhir cerita

Apakah kamu tipe yang ingin alur cerita maju teratur atau melompat-lompat?

Alur maju teratur atau melompat-lompat? Sejujurnya saya lebih suka alur cerita yang melompat-lompat dengan kilas balik yang ditampilkan, tetapi, sebenarnya itu tergantung sang penulis dalam mengatur alur. Jika sang penulis menyusun alurnya dengan baik dan masih bisa dimengerti, ya saya terima-terima saja dan malah suka. Kecuali, jika sang penulis mengatur alunya dengan kacau, dan membuat para pembaca pusing sehingga mereka yang membaca malah tak bisa memahami cerita yang sedang berjalan, maka saya akan berhenti untuk membaca buku tersebut. Buat apa terus membaca jika alur ceritanya saja tidak bisa kita mengerti? Saya sarankan kepada penulis, jika ingin menampilkan alur kilas balik alias Flashback, sebaiknya mereka memberikan tanda yang dapat dipahami para pembaca jika bagian tersebut adalah bagian yang menampilkan flashback, dan juga memberikan tanda jika flashback tersebut telah selesai.

 Buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan yang pernah kamu baca?


Alhamdulillah sejauh ini semua buku yang saya baca memiliki alur cerita yang menyenangkan dan mudah dipahami :) Jadi? saya suka semuanya! >,<

Sebenarnya, alur itu sangat penting karena alur yang akan membuat kita mengerti isi cerita. Biarkanlah alur itu mengalir dan kita akan mengikutinya sehingga kita mengerti apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

Oke gitu aja \^o^/ hohoo

[Review] Dunia Anna by Jostein Gaarder


Judul : Dinia Anna
Penulis : Jostein Gaarder
Penerbit : Mizan
Terbit : Oktober 2014
Tebal : 244 Halaman
ISBN : 978-979-433-842-1
Harga : Rp.45.000
Penerjemah : Irwan Syahrir
Penyunting : Esti A. Budihabsari
Proofreader : Ine Ufiyatiputri
Desainer Sampul : Andreas Kusumahadi
Blurb :


"Nova sayang, aku tak tahu bagaimana rupa dunia saat kau membaca surat ini ...."
Bumi 2082, Nova sangat terkejut saat tiba-tiba di terminal online-nya muncul surat dari nenek buyutnya, Anna. Surat yang ditulis 70 tahun lalu, tepat tanggal 12.12.12. Tepat saat nenek buyutnya berusia 16 tahun seperti Nova saat ini.
Sungguh misterius, bagaimana mungkin 70 tahun lalu nenek buyutnya sudah tahu bahwa kelak cicitnya bernama Nova? Dan dari mana nenek buyutnya tahu tentang keresahan-keresahan Nova? Tentang bumi yang sudah tak seindah dulu lagi, tentang spesies yang punah, tanah-tanah yang tenggelam, kutub yang meleleh. Dan, benarkah cincin rubi merah dari legenda Aladin, menjadi kunci untuk mengembalikan keseimbangan bumi? Cincin yang selama ini melingkar di jari Anna, nenek buyutnya?
Jostein Gaarder, penulis Dunia Sophie, kembali dengan Dunia Anna, sekali lagi mengajak kita berkaca. Dengan kisah yang ringan namun penuh makna, Jostein Gaarder kembali mengajak pembaca merenungkan eksistensi manusia dan semesta.

In a Blue Moon dan Sunshine Becomes You, saling berkaitan?

Kamis, 12 Maret 2015

In a Blue Moon dan Sunshine Becomes You, apakah saling berkaitan?

Kenapa saya mengangkat judul tersebut pada postingan saya kali ini? entah kenapa, rasanya sedang ingin bernostalgia dengan Sunshine Becomes You, kisah Mia dan Alex. Lalu, apa hubungannya dengan In a Blue Moon? 

                       

Pengarang yang sama dan latar lokasi yang sama. Kedua novel ini adalah novel karya Ilana Tan, masih menggunakan latar New York, Ilana Tan kembali dengan karyanya, yaitu In a Blue Moon. In a Blue Moon ini telah dinanti oleh para pembaca setia kak Ilana Tan. Banyak yang berspekulasi jika kedua novel ini saling berkaitan mengingat bahwa latar lokasinya sama, yaitu New York.

Lalu? apakah benar begitu? karena penasaran, akhirnya saya menyelidiki kebenarannya. Berjalan-jalan kembali ke Sunshine Becomes You dan kembali bertemu dengan Alex dan Mia. Dan tahu tidak apa yang saya dapatkan? Menurut saya, memang kedua novel ini berhubungan, walaupun hanya hal kecil yang membuatnya begitu. 

Ingat tidak saat Alex dan Mia ingin mengunjungi Paolo dan Eleanor? Sebelum mereka pergi berkunjung untuk bertemu Paolo dan Eleanor, mereka berdua pergi dahulu ke sebuah toko kue. Alex mengatakan bahwa toko kue yang akan mereka kunjungi adalah toko kue yang mempunyai tartlet paling enak di New York. 

Selanjutnya, akhirnya mereka tiba di toko kue kecil bergaya Prancis di Madison Avenue. Di bagian ini, kembali digambarkan tentang toko kue tersebut, digambarkan bahwa di toko kue tersebut terdapat papan nama yang bertuliskan 'A Piece of Cake'. Lihat? cobalah kalian cermati cover In a Blue Moon pada bagian toko kuenya, maka kalian akan menemukan tulisan 'A Piece of Cake'.

Dan lagi, ada bagian yang menyatakan bahwa toko tersebut berwarna ungu pucat. Ayo kita cermati lagi gambar pada cover In a Blue Moon. Lihatlah! warna toko itu memang ungu pucat, kan?

Setelah itu, di bab selanjutnya, Alex menjelaskan bahwa gadis penjaga toko kue tadi kaget setengah mati saat melihat Mia pingsan, kan? Gadis penjaga toko kue ya? Hm apakah gadis itu Sophie? atau mungkin itu karyawan toko kue milik Sophie?

Jadi, menurut saya dalah toko kue yang didatangi Alex dan Mia saat itu adalah toko kue milik Sophie. Dimulai dari toko kue, tartlet, papan nama 'A Piece of Cake', toko kue yang berwarna ungu, dan juga gadis penjaga toko kue. Apakah ada yang lain?

Hehehe menurut saya sih berkaitan, karena sejujurnya saya juga belum baca In a Blue Moon ya :D tapi mengingat bahwa kak Ilana Tan pernah menulis Tetralogi 4 Musim yang saling berkaitan antar tokonya, jadi apa salahnya jika saya berharap kalau Novel kali ini juga memiliki keterkaitan dengan Sunshine Becomes You? ^^

Ya, sepertinya cukup segini aja yang bisa saya tulis :D Terima kasih karena telah membaca! ^^
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS